MSDS Fenol.Sikloheksana, Metil Alkohol,dan 1-butanol


MSDS
Fenol.Sikloheksana, Metil Alkohol,dan 1-butanol

KELOMPOK 3

Athahirah (17036042)
Hildayati Amri (17036016)
Nurhafizah Azwir (17036056)
Pamela Jurdila (17036028)
Rifaat Alfairuz (17036058)
Yudha Dwi Saputra (17036064)






3Lembar Data Keselamatan Bahan Phenol MSDS

Bagian 1: Produk Kimia dan Identifikasi Perusahaan
Nama Produk: Phenol
Kode Katalog: SLP4453, SLP5251
CAS #: 108-95-2
RTECS: SJ3325000
TSCA: TSCA 8 (b) inventaris: Phenol
CI #: Tidak tersedia.
Sinonim: Monohydroxybenzene; Benzenol; Phenyl hyroxide; Phenylic acid
NamaAcid
Kimia: CarbolicChemical Formula: C6H5OH2 4 0Kebakaran
Reaktivitas
Perlindungan Pribadi
Informasi Kontak:
Sciencelab.com, Inc. 14025 Smith Rd. Houston, Texas 77396 US Sales: 1-800-901-7247 Penjualan Internasional: 1-281-441-4400 Pesan Online:
ScienceLab.com CHEMTREC (24HR Emergency Telephone), hubungi: 1-800-424-9300
International CHEMTREC, telepon : 1-703-527-3887
Untuk bantuan non-darurat, hubungi: 1-281-441-4400

Bagian 2: Komposisi dan Informasi tentangBahan
Komposisi:
Nama CAS #% oleh Berat
Fenol 108-95-2 100
Data Toksikologi pada Bahan : Phenol: ORAL (LD50): Akut: 317 mg / kg [Tikus]. 270 mg / kg [Mouse]. DERMAL (LD50): Akut: 630 mg / kg [Kelinci]. 669 mg / kg [Tikus].

Bagian 3: Identifikasi Bahaya
Potensi Efek Kesehatan Akut: Sangat berbahaya jika terjadi kontak kulit (korosif, iritasi), kontak mata (iritasi), menelan, inhalasi. Berbahaya jika terjadi kontak kulit (sensitizer, permeator). Jumlah kerusakan jaringan tergantung pada panjang kontak. Kontak mata dapat menyebabkan kerusakan kornea atau kebutaan. Kontak kulit dapat menghasilkan peradangan dan terik. Menghirup debu akan menghasilkan iritasi pada gastro-intestinal atau saluran pernapasan, ditandai dengan rasa terbakar, bersin dan batuk. Over-exposure yang parah dapat menyebabkan kerusakan paru-paru, tersedak, tidak sadar atau kematian. Radang mata ditandai oleh kemerahan, air, dan gatal. Peradangan kulit ditandai dengan gatal, scaling, memerah, atau, kadang-kadang, terik.
Potensi Efek Kesehatan Kronis: EFEK KARSINOGENIK: A4 (Tidak dapat diklasifikasikan untuk manusia atau hewan.) Oleh ACGIH, 3 (Tidak dapat diklasifikasikan untuk manusia.) Oleh IARC. EFEK MUTAGENIK: Mutagenik untuk sel somatik mamalia. Mutagenik untuk bakteri dan / atau ragi. PENGARUH TERATOGENIK: Tidak tersedia. TOKSISITAS PENGEMBANGAN: Tidak tersedia. Substansi mungkin beracun bagi ginjal, hati, sistem saraf pusat (SSP). Paparan zat yang berulang atau berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan organ target. paparan mata ke tingkat debu yang rendah dapat menyebabkan iritasi mata. Paparan kulit berulang dapat menghasilkan kerusakan kulit lokal, atau dermatitis. Menghirup debu berulang kali dapat menyebabkan iritasi pernafasan atau kerusakan paru-paru yang bervariasi. Paparan berulang untuk bahan yang sangat beracun dapat menghasilkan kerusakan kesehatan secara umum oleh akumulasi dalam satu atau banyak organ manusia.

Bagian 4: Tindakan Pertolongan Pertama
Kontak Mata: Periksa dan lepaskan lensa kontak apa pun. Dalam kasus kontak, segera siram mata dengan banyak air setidaknya selama 15 menit. Air dingin dapat digunakan. Dapatkan perawatan medis segera.
Kontak Kulit: Dalam kasus kontak, segera siram kulit dengan banyak air setidaknya selama 15 menit sambil melepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Tutupi kulit yang teriritasi dengan emolien. Air dingin dapat digunakan. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu dengan bersih sebelum digunakan kembali. Dapatkan perawatan medis segera.
Kontak Serius Kulit: Cuci dengan sabun disinfektan dan tutup kulit yang terkontaminasi dengan krim anti-bakteri. Segera cari pertolongan medis.
Inhalasi: Jika terhirup, pindahkan ke udara segar. Jika tidak bernafas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernafas, berikan oksigen. Dapatkan perawatan medis segera.
Inhalasi Serius: Evakuasi korban ke area aman sesegera mungkin. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Jika korban tidak bernafas, lakukan resusitasi mulut ke mulut. PERINGATAN: Ini mungkin berbahaya bagi orang yang memberikan bantuan untuk memberikan resusitasi mulut ke mulut ketika bahan yang dihirup beracun, menular atau korosif. Segera cari pertolongan medis.
Tertelan: JANGAN memaksakan muntah kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh tenaga medis. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Jika sejumlah besar bahan ini tertelan, segera hubungi dokter. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang.
Penelanan Serius: Tidak tersedia.

Bagian 5: Data Api dan Ledakan
Mudah Terbakar Produk: Dapat terbakar pada suhu tinggi.
Suhu Pengapian Otomatis: 715 ° C (1319 ° F)
Poin Flash: CUTANG TERTUTUP: 79 ° C (174,2 ° F). OPEN CUP: 85 ° C (185 ° F).
Batas Mudah Terbakar: RENDAH: 1,7% UPPER: 8,6%
Produk Pembakaran: Produk-produk ini adalah karbon oksida (CO, CO2).
Bahaya Kebakaran di Kehadiran Berbagai Zat: Mudah terbakar di hadapan api terbuka dan percikan api, panas. Tidak mudah terbakar jika ada guncangan.
Bahaya Ledakan di Hadirat Berbagai Zat: Resiko ledakan produk di hadapan dampak mekanis: Tidak tersedia. Risiko ledakan produk di hadapan debit statis: Tidak tersedia.
Fire Fighting Media and Instructions: KEBAKARAN KECIL: Gunakan bubuk kimia KERING. KEBAKARAN BESAR: Gunakan semprotan air, kabut atau busa. Jangan gunakan jet air.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Kebakaran: Phenol + nitrida menghasilkan panas dan pembangkit gas yang mudah terbakar. Phenol + mineral oksdizing asam menghasilkan api. Phenol + kalsium hipoklorit adalah reaksi eksotermik yang menghasilkan asap beracun yang dapat menyala. Keterangan Khusus tentang Bahaya Ledakan: Phenol + natrium nitrit menyebabkan ledakan pada pemanasan. Asam peroxydisulfuric + phenol menyebabkan ledakan.

Bagian 6: Rilis Terkadang
Tumpahan Kecil Tumpahan: Gunakan alat yang tepat untuk meletakkan tumpah padat dalam wadah pembuangan limbah yang nyaman.
Tumpahan Besar: Padat Korosif. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Jangan ambil air di dalam kontainer. Jangan sentuh materi yang tumpah. Gunakan semprotan air untuk mengurangi uap. Cegah masuk ke selokan, ruang bawah tanah atau area terbatas; tanggul jika diperlukan. Hilangkan semua sumber pengapian. Panggil bantuan untuk pembuangan. Hati-hati bahwa produk tidak hadir pada tingkat konsentrasi di atas TLV. Periksa TLV di MSDS dan dengan otoritas lokal.

Bagian 7:dan Penyimpanan
Tindakan Pencegahan: Tetap terkunci. Jaga wadah tetap kering. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Wadah kosong menimbulkan risiko kebakaran, menguap residu di bawah lemari asam. Tempelkan semua peralatan yang mengandung material. Jangan menelan. Jangan menghirup debu. Jangan pernah menambahkan air ke produk ini. Dalam keadaan ventilasi tidak memadai, gunakan peralatan pernapasan yang sesuai. Jika dicerna, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Jauhkan dari yang tidak kompatibel seperti oksidator, asam.
Penyimpanan: Udara Sensitif. Sensitif terhadap cahaya. Simpan dalam wadah yang kedap cahaya. Moisture sensitive. Biarkan kontainer tertutup rapat. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan berventilasi baik.

Bagian 8: Pengendalian Eksposur / Perlindungan Pribadi
Kontrol Teknik: Gunakan selubung proses, ventilasi pembuangan lokal, atau kontrol teknis lainnya untuk menjaga kadar udara di bawah batas paparan yang direkomendasikan. Jika operasi pengguna menghasilkan debu, asap atau kabut, gunakan ventilasi untuk menjaga paparan kontaminan udara di bawah batas pemaparan.
Perlindungan Pribadi: Splash goggles. Celemek sintetis. Respirator uap dan debu. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Sarung tangan.
Perlindungan Pribadi dalam Kasus Tumpahan Besar: Splash goggles. Setelan lengkap. Respirator uap dan debu. Sepatu bot. Sarung tangan. Alat pernapasan yang berisi diri harus digunakan untuk menghindari penghirupan produk. Pakaian pelindung yang disarankan mungkin tidak cukup; berkonsultasi dengan spesialis SEBELUM menangani produk ini.
Batas Eksposur: TWA: 5 (ppm) dari ACGIH (TLV) [Amerika Serikat] KULIT TWA: 19 (mg / m3) dari ACGIH (TLV) [Amerika Serikat] KULIT TWA: 5 dari NIOSH [Amerika Serikat] TWA: 19 ( mg / m3) dari NIOSH [Amerika Serikat] TWA: 5 (ppm) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 19 (mg / m3) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 5 (ppm) [Kanada ] TWA: 19 (mg / m3) [Kanada] Konsultasikan dengan pihak berwenang setempat untuk batas pemaparan yang dapat diterima.

Bagian 9: Sifatdan Kimia
FisikKondisi fisik dan penampilan: Padat.
Bau:berbeda, aromatik, agak memuakkan manis dan tajam
RasaRasa: Terbakar.
Berat Molekul: 94,11 g / mol
Warna: Tidak berwarna hingga merah muda
pH (1% soln / air): Tidak tersedia.
Titik didih: 182 ° C (359,6 ° F)
Titik lebur: 42 ° C (107,6 ° F)
Suhu Kritis: 694,2 (1281,6 ° F)
Berat Jenis: 1,057 (Air = 1)
Tekanan Uap: Tidak berlaku.
Kepadatan uap: 3.24 (Air = 1)
Volatilitas: Tidak tersedia.
Odor Threshold: 0,048 ppm
Air / Minyak Dist. Coeff .: Produk ini lebih mudah larut dalam minyak; log (minyak / air) = 1.5
Ionicity (dalam Air): Tidak tersedia.
Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air, metanol, dietil eter, aseton.
Kelarutan: Mudah larut dalam metanol, dietil eter. Larut dalam air dingin, aseton. Kelarutan dalam air: 1g / 15 ml air. Larut dalam benzena. Sangat larut dalam alkohol, kloroform, gliserol, minyak bumi, karbon disulfida, minyak atsiri dan tetap, alkali hidroksida berair, karbon tetraklorida, asam asetat, sulfur cair dioksida. Hampir tidak larut dalam petroleum ether. Dapat dicampur dalam aseton. Sangat larut dalam minyak mineral.

Bagian 10: Stabilitas dan ReaktivitasData
Stabilitas: Produk stabil.
Suhu Ketidakstabilan: Tidak tersedia.
Kondisi Ketidakstabilan: Panas, sumber api (api, percikan api), cahaya, bahan yang tidak
kompatibel Ketidakcocokan dengan berbagai zat: Reaktif dengan oksidator, logam, asam, alkali.
Korosivitas: Sangat korosif di hadapan tembaga. Sedikit korosif dengan adanya baja tahan karat (304), dari baja tahan karat (316). Non-korosif di hadapan kaca, dari aluminium.
Keterangan Khusus tentang Reaktivitas: Udara dan sensitif cahaya. Rawan memerah saat terpapar cahaya dan udara. Tidak sesuai dengan aluminium klorida, asam peroxydisulfuirc, asetaldehid, natrium nitrit, boron trifluorida dietil eter + 1,3-butadiena, isosianat, nitrida, asam oksidasi mineral, kalsium hipoklorit, halogen, formaldehida, logam dan paduan, timbal, seng, magnesium dan mereka paduan, plastik, karet, pelapis, natrium nitrat + asam trifluoroasetat. Phenol + isocyanates menghasilkan panas, dan polimerisasi yang keras. Phenol + 1,3-butadiene dan boron trifluoride dietil eter hasil kompleks dalam reaksi eksotermik yang intens. Phenol + acetaldehyde menghasilkan kondensasi keras.
Keterangan Khusus tentang Corrosivity: Efek korosif kecil pada perunggu. Efek korosif yang parah pada kuningan.
Polimerisasi: Tidak akan terjadi.
Bagian 11: Informasi Toksikologi
Rute Masuk: Diserap melalui kulit. Kontak dermal. Kontak mata. Inhalasi. Proses menelan.
Toksisitas terhadap Hewan: Toksisitas oral akut (LD50): 270 mg / kg [Mouse]. Toksisitas kulit akut (LD50): 630 mg / kg [Kelinci].
Efek Kronis pada Manusia: EFEK KARSINOGENIK: A4 (Tidak dapat diklasifikasikan untuk manusia atau hewan.) Oleh ACGIH, 3 (Tidak dapat diklasifikasikan untuk manusia.) Oleh IARC. EFEK MUTAGENIK: Mutagenik untuk sel somatik mamalia. Mutagenik untuk bakteri dan / atau ragi. Dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ berikut: ginjal, hati, sistem saraf pusat (SSP).
Efek Toksik Lain pada Manusia: Sangat berbahaya jika terjadi kontak kulit (korosif, iritan), tertelan,. Berbahaya jika terjadi kontak kulit (sensitizer, permeator), kontak mata (korosif), terhirup (paru-paru korosif).
Keterangan Khusus tentang Keracunan untuk Hewan: Dosis Lethal Terbesar yang Diterbitkan: LDL [Manusia] - Rute: Lisan; Dosis: 140 mg / kg LDL [Bayi] - Rute: Lisan; Dosis: 10.000 mg / kg
Keterangan Khusus tentang Efek Kronis pada Manusia: Hewan: melewati penghalang plasenta. Dapat menyebabkan efek reproduksi yang merugikan dan cacat lahir (teratogenik) Embryotoxic dan / atau foetotoksik pada hewan. Dapat mempengaruhi materi genetik (mutagenik).
Keterangan Khusus tentang Efek Beracun lainnya pada Manusia:

Bagian 12: Informasi Ekologi
Ekotoksisitas: Ekotoksisitas dalam air (LC50): 125 mg / l 24 jam [Ikan (Ikan Mas)]. > 50 mg / l 1 jam [Ikan (Fathead minnow)]. > 50 mg / l 24 jam [Ikan (Fathead minnow)]. > 33 mg / l 72 jam [Ikan (Fathead minnow)]. > 33 ppm 96 jam [Fish (Fathead minnow)].
BOD5 and COD: Tidak tersedia.
Produk Biodegradasi: Kemungkinan produk degradasi jangka pendek berbahaya tidak mungkin. Namun, produk degradasi jangka panjang mungkin muncul.
Toksisitas Produk Biodegradasi: Produk degradasi kurang beracun daripada produk itu sendiri.
Keterangan Khusus tentang Produk Biodegradasi: Tidak tersedia.

Bagian 13: Pertimbangan
Pembuangan Pembuangan Limbah: Limbah harus dibuang sesuai dengan peraturan pengendalian lingkungan federal, negara bagian dan lokal.

Bagian 14:Informasi Transportasi
KlasifikasiDOT: KELAS 6.1: Bahan beracun.
Identifikasi:: Fenol, UNNA padat: 1671 PG: II
Ketentuan Khusus untuk Transportasi: Tidak tersedia.

Bagian 15: Informasi Peraturan Lainnya Peraturan
Federal dan Negara Bagian: Survei bahan berbahaya Connecticut: Phenol Illinois zat beracun pengungkapan kepada karyawan bertindak: Phenol Illinois tindakan keamanan kimia: Phenol New York rilis daftar pelaporan: Phenol Rhode Island RTK zat berbahaya: Phenol Pennsylvania RTK: Phenol Minnesota: Phenol Massachusetts RTK: Daftar tumpahan Phenol Massachusetts: Phenol New Jersey: Daftar kebocoran Phenol New Jersey: Phenol Louisiana RTK daftar pelaporan: Phenol Louisiana spill reporting: Phenol TSCA 8 (b) inventaris: Phenol TSCA 4 (a) mengusulkan aturan pengujian : Phenol TSCA 8 (a) IUR: Phenol TSCA 8 (d) pelaporan data H dan S: Fenol: efektif: 6/1/87; matahari terbenam: 6/01/97 SARA 302/304/311/312 zat yang sangat berbahaya: Phenol SARA 313 pemberitahuan kimia beracun dan laporan pelepasan: Phenol CERCLA: Zat berbahaya .: Fenol: 1000 lbs. (453,6 kg)
Peraturan Lainnya: OSHA: Berbahaya menurut definisi Standar Komunikasi Bahaya (29 CFR 1910.1200). EINECS: Produk ini ada di Inventaris Eropa dari Bahan Kimia Komersial yang Ada.
Klasifikasi Lain:
WHMIS (Kanada): KELAS D-1A: Bahan menyebabkan efek toksik segera dan serius (sangat TOXIC). KELAS D-2A: Bahan yang menyebabkan efek beracun lainnya (sangat TOXIC). KELAS E: Padat Korosif.
DSCL (EEC): R24 / 25- Toksik jika kena kulit dan jika tertelan. R34 - Menyebabkan luka bakar. R40- Kemungkinan risiko efek ireversibel. R43 - Dapat menyebabkan sensitisasi melalui kontak kulit. R52 - Berbahaya bagi organisme akuatik. S1 / 2- Tetap terkunci dan keluar dari jangkauan anak-anak. S24-Hindari kontak dengan kulit. S26-Dalam kasus terjadi kontak dengan mata, bilas segera dengan banyak air dan dapatkan bantuan medis. S28- Setelah kontak dengan kulit, segera cuci dengan banyak air. S37 / 39- Kenakan sarung tangan dan pelindung mata / wajah yang sesuai. S45 - Jika terjadi kecelakaan atau jika merasa tidak enak badan, segera dapatkan bantuan medis (tunjukkan label jika mungkin). S46-Jika tertelan, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label ini. S56 - Buang bahan ini dan wadahnya di tempat pengumpulan limbah berbahaya atau khusus.
HMIS (AS):
Bahaya Kesehatan: 3
Bahaya Kebakaran: 2
Reaktivitas: 0
Perlindungan Pribadi: j
Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (AS):
Kesehatan: 4
Kemudahan terbakar: 2
Reaktivitas: 0
Bahaya spesifik:
Peralatan Pelindung: Sarung tangan. Celemek sintetis. Respirator uap dan debu. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Pakai respirator yang tepat saat ventilasi tidak memadai. Kacamata percikan.
Bagian 16: Informasi Lain
Referensi: Tidak tersedia.
Pertimbangan Khusus Lainnya: Tidak tersedia.
Dibuat: 10/10/2005 11:17
Terakhir Diperbarui: 05/21/2013 12:00 PM
Informasi di atas diyakini akurat dan mewakili informasi terbaik yang tersedia saat ini bagi kami. Namun, kami tidak memberikan jaminan dapat diperjualbelikan atau jaminan lainnya, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan informasi tersebut, dan kami berasumsi tidak ada kewajiban yang timbul dari penggunaannya. Pengguna harus melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan kesesuaian informasi untuk tujuan khusus mereka. Dalam hal apa pun, ScienceLab.com tidak akan bertanggung jawab atas segala klaim, kerugian, atau kerusakan pihak ketiga atau atas kerugian yang hilang atau kerusakan khusus, tidak langsung, insidental, konsekuensial atau contoh, apapun yang timbul, bahkan jika ScienceLab.com telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut.


Lembar Data Keamanan Material Cyclohexane MSDS

Bagian 1: Produk Kimia dan Identifikasi Perusahaan
Nama Produk:Cyclohexane
KodeKode: SLC3520, SLC2305
CAS #: 110-82-7
RTECS: GU6300000
TSCA: TSCA 8 (b) inventaris: Cyclohexane
CI #: Tak dapat diterapkan.
Sinonim: Benzena, hexahydro-; Hexahydrobenzene; Hexamethylene; Hexanaphthene
Nama Kimia: Cyclohexane
Chemical Formula: C6-H12karan
Reaktivitas
Perlindungan Pribadi
Informasi Kontak:
Sciencelab.com, Inc. 14025 Smith Rd. Houston, Texas 77396 US Sales: 1-800-901-7247 Penjualan Internasional: 1-281-441-4400 Pesan Online:
ScienceLab.com CHEMTREC (24HR Emergency Telephone), hubungi: 1-800-424-9300
International CHEMTREC, telepon : 1-703-527-3887
Untuk bantuan non-darurat, hubungi: 1-281-441-4400

Bagian 2: Komposisi dan Informasi tentangBahan
Komposisi:
Nama CAS #% berdasarkan Berat
Cyclohexane 110-82-7 100
Data Toksikologi pada Bahan : Cyclohexane: ORAL (LD50): Akut: 12705 mg / kg [Tikus]. 813 mg / kg [Mouse]. DERMAL (LD): Akut: & gt; 18000 mg / kg [Kelinci].

Bagian 3: Identifikasi Bahaya
Potensi Efek Kesehatan Akut: Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritan, permeator), kontak mata (iritasi), menelan, inhalasi.
Potensi Efek Kesehatan Kronis: EFEK KARSINOGENIK: Tidak tersedia. EFEK MUTAGENIK: Tidak tersedia. PENGARUH TERATOGENIK: Tidak tersedia. TOKSISITAS PENGEMBANGAN: Tidak tersedia. Substansi mungkin beracun untuk ginjal, hati, sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat (SSP). Paparan zat yang berulang atau berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan organ target.

Bagian 4: Tindakan Pertolongan Pertama
Kontak Mata:
Periksa dan lepaskan lensa kontak apa pun. Segera siram mata dengan air yang mengalir setidaknya selama 15 menit, menjaga kelopak mata tetap terbuka. Dapatkan perawatan medis.
Kontak Kulit: Dalam kasus kontak, segera siram kulit dengan banyak air. Tutupi kulit yang teriritasi dengan emolien. Hapus pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu dengan bersih sebelum digunakan kembali. Dapatkan perawatan medis.
Kontak Serius Kulit: Cuci dengan sabun disinfektan dan tutup kulit yang terkontaminasi dengan krim anti-bakteri. Cari bantuan medis.
Inhalasi: Jika terhirup, pindahkan ke udara segar. Jika tidak bernafas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernafas, berikan oksigen. Dapatkan perawatan medis.
Inhalasi Serius: Evakuasi korban ke area aman sesegera mungkin. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Jika korban tidak bernafas, lakukan resusitasi mulut ke mulut. Cari bantuan medis.
Tertelan: Jika tertelan, jangan dimuntahkan. JANGAN menyebabkan muntah kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh tenaga medis. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Bahaya penghirupan jika tertelan- dapat memasuki paru-paru dan menyebabkan kerusakan. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Dapatkan perawatan medis. Dapatkan pertolongan medis jika gejala muncul.
Penelanan Serius: Tidak tersedia.

Bagian 5: Data Api dan Ledakan
Mudah Terbakar dari Produk: Mudah terbakar.
Suhu Pengapian Otomatis: 245 ° C (473 ° F)
Titik Nyala: CUTANG TERTUTUP: -18 ° C (-0,4 ° F). (Setaflash)
Batas Mudah Terbakar: RENDAH: 1,3% UPPER: 8,4%
Produk Pembakaran: Produk-produk ini adalah karbon oksida (CO, CO2).
Bahaya Kebakaran di Kehadiran Zat Berbagai: Sangat mudah terbakar di hadapan nyala api terbuka dan bunga api, panas.
Bahaya Ledakan di Hadirat Berbagai Zat: Resiko ledakan produk di hadapan dampak mekanis: Tidak tersedia. Sedikit eksplosif di hadapan nyala api terbuka dan percikan api.
Media Pemadam Kebakaran dan Petunjuk: Cairan mudah terbakar, tidak larut dalam air. API KECIL: Gunakan bubuk kimia KERING. KEBAKARAN BESAR: Gunakan semprotan air atau kabut.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Kebakaran: Uap dapat menempuh jarak yang cukup jauh ke sumber penyulutan dan flash back.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Ledakan: Ketika dicampur panas dengan dinitrogen tetraoksida cair dapat terjadi ledakan.

Bagian 6: Tindakan Pelepasan Terkadang
Tumpahan Kecil: Serap dengan bahan lembam dan letakkan bahan yang tumpah di tempat pembuangan limbah yang tepat.
Tumpahan Besar: Cairan mudah terbakar, tidak larut dalam air. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Serap dengan bumi kering, pasir atau bahan yang tidak mudah terbakar lainnya. Jangan ambil air di dalam kontainer. Jangan sentuh materi yang tumpah. Cegah masuk ke selokan, ruang bawah tanah atau area terbatas; tanggul jika diperlukan. Panggil bantuan untuk pembuangan. Hati-hati bahwa produk tidak hadir pada tingkat konsentrasi di atas TLV. Periksa TLV di MSDS dan dengan otoritas lokal.

Bagian 7: Penanganan dan Penyimpanan
Tindakan pencegahan: Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Tempelkan semua peralatan yang mengandung material. Jangan menelan. Jangan menghirup gas / asap / uap / semprotan. Kenakan pakaian pelindung yang sesuai. Dalam keadaan ventilasi tidak memadai, gunakan peralatan pernapasan yang sesuai. Jika dicerna, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Jauhkan dari yang tidak kompatibel seperti oksidator.
Penyimpanan: Simpan di area terpisah dan disetujui. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Biarkan kontainer tertutup rapat dan tertutup rapat sampai siap digunakan. Hindari semua sumber penyalaan (percikan atau api).

Bagian 8: Pengendalian Eksposur / Perlindungan Pribadi
Kontrol Teknis: Sediakan ventilasi pembuangan atau kontrol teknis lainnya untuk menjaga konsentrasi uap di udara di bawah nilai ambang batas masing-masing. Pastikan bahwa stasiun pencuci mata dan pancuran keselamatan proksimal ke lokasi stasiun kerja.
Perlindungan Pribadi: Splash goggles. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Sarung tangan.
Perlindungan Pribadi dalam Kasus Tumpahan Besar: Splash goggles. Setelan lengkap. Respirator uap. Sepatu bot. Sarung tangan. Alat pernapasan yang berisi diri harus digunakan untuk menghindari penghirupan produk. Pakaian pelindung yang disarankan mungkin tidak cukup; berkonsultasi dengan spesialis SEBELUM menangani produk ini.
Batas Eksposur: TWA: 300 (ppm) dari ACGIH (TLV) [Amerika Serikat] TWA: 300 (ppm) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 1050 (mg / m3) dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 100 STEL: 300 (ppm) [Britania Raya (Inggris)] TWA: 350 STEL: 1050 (mg / m3) [United Kingdom (UK)] Hubungi pihak berwenang setempat untuk mengetahui batas pemajanan yang dapat diterima.

Bagian 9: Sifatdan Kimia
FisikKondisi fisik dan penampilan: Cair.
Bau: Bau seperti kloroform; bau pelarut; Bau manis ringan
Rasa: Tidak tersedia.
Berat Molekul: 84,16 g / mol
Warna: Jelas Tidak Berwarna.
pH (1% soln / air): Tidak berlaku.
Titik didih: 80,7 ° C (177,3 ° F)
Titik lebur: 6,47 ° C (43,6 ° F)
Suhu Kritis: 280,4 ° C (536,7 ° F)
Gravity Tertentu: 0,7781 (Air = 1)
Tekanan Uap: 12,9 kPa (@ 20 ° C)
Densitas Uap: 2.98 (Air = 1)
Volatilitas: Tidak tersedia.
Ambang Bau: 25 ppm
Air / Minyak Dist. Coeff .: Produk ini lebih mudah larut dalam minyak; log (minyak / air) = 3.4
Ionicity (dalam Air): Tidak tersedia.

Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air, metanol.
Kelarutan: Larut dalam metanol. Tidak larut dalam air dingin.

Bagian 10: Stabilitas dan ReaktivitasData
Stabilitas: Produk stabil.
Suhu Ketidakstabilan: Tidak tersedia.
Kondisi Ketidakstabilan: Panas, sumber penyulutan, bahan yang tidak
kompatibel Ketidakcocokan dengan berbagai zat: Reaktif dengan oksidator.
Korosivitas: Tidak dianggap bersifat korosif untuk logam dan kaca.
Keterangan Khusus tentang Reaktivitas: Tidak tersedia.
Keterangan Khusus tentang Corrosivity: Tidak tersedia.
Polimerisasi: Tidak akan terjadi.

Bagian 11: Informasi Toksikologi
Rute Masuk: Diserap melalui kulit. Kontak mata. Inhalasi. Proses menelan.
Toksisitas terhadap Hewan: Toksisitas oral akut (LD50): 813 mg / kg [Mouse].
Efek Kronis pada Manusia: Dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ berikut: ginjal, hati, sistem kardiovaskular, sistem saraf pusat (SSP).
Efek Toksik Lain pada Manusia: Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritasi, permeator), menelan, inhalasi.
Keterangan Khusus tentang Keracunan untuk Hewan: Dosis Lethal Terbesar Diterbitkan: LCL [Mouse] - Rute: Menghirup; Dosis: 70000 mg / m3 / 2H LCL [Kelinci] - 89600 mg / m3 / 1H
Keterangan Khusus pada Efek Kronis pada Manusia: Manusia: melewati penghalang plasenta, terdeteksi dalam air susu ibu. Dapat mempengaruhi materi genetik (mutagenik)
Keterangan Khusus tentang Efek Beracun lainnya pada Manusia: Efek Kesehatan Potensi Akut: Kulit: Dapat menyebabkan iritasi kulit. Itu bisa diserap melalui kulit. Mata: Ini bisa menyebabkan iritasi mata. Inhalasi: Ini dapat menyebabkan iritasi saluran pernapasan (hidung, tenggorokan). Paparan konsentrasi uap yang tinggi dapat menyebabkan mual, peningkatan laju respirasi. Ini juga dapat mempengaruhi perilaku / sistem saraf pusat (pusing, lesu, mengantuk, kepala ringan, kejang / kejang, kelemahan, kehilangan koordinasi dan penilaian, gemetar, mengantuk). Ketidak sadaran dan kematian dapat terjadi pada eksposur tinggi. Pada hewan percobaan ada margin sempit antara dosis yang menyebabkan pembiusan, hilangnya refleks dan kematian. Kerusakan / keruntuhan pembuluh darah secara umum dan perubahan degeneratif terlihat di jantung, paru-paru, ginjal hati dan otak hewan percobaan yang terpajan dengan konsentrasi mematikan jika terhirup atau tertelan. Tertelan: Dapat menyebabkan iritasi gastrointestinal dan diare. Dapat mempengaruhi perilaku / sistem saraf pusat dengan gejala yang mirip seperti inhalasi. Dapat menyebabkan kerusakan hati dan ginjal. Aspirasi cyclohexane ke paru-paru dapat menyebabkan pneumonitis kimia. Efek Kesehatan Potensi Kronis: Kulit: Kontak kulit yang berkepanjangan atau berulang dapat menyebabkan kekeringan, retak dan pecah-pecah area yang terpapar. Tertelan dan Tertelan: Inhalasi atau ingesti yang lama atau berulang dapat menyebabkan kerusakan ginjal. Ini juga dapat mempengaruhi perilaku / sistem pusat nevous dengan gejala yang mirip dengan konsumsi akut atau inhalasi.

Bagian 12: Informasi Ekologi
Ekotoksisitas: Tidak tersedia.
BOD5 and COD: Tidak tersedia.
Produk Biodegradasi:
Kemungkinan produk degradasi jangka pendek yang berbahaya tidak mungkin. Namun, produk degradasi jangka panjang mungkin muncul.
Toksisitas Produk Biodegradasi: Produk itu sendiri dan produknya dari degradasi tidak beracun.
Keterangan Khusus tentang Produk Biodegradasi: Tidak tersedia.

Bagian 13: Pertimbangan
Pembuangan Pembuangan Limbah: Limbah harus dibuang sesuai dengan peraturan pengendalian lingkungan federal, negara bagian dan lokal.

Bagian 14: Informasi Transportasi
Klasifikasi DOT: KELAS 3: Cairan mudah terbakar.
Identifikasi:: Cyclohexane UNNA: 1145 PG: II
Ketentuan Khusus untuk Transportasi: Tidak tersedia.

Bagian 15: Informasi Peraturan Lainnya Peraturan
Federal dan Negara Bagian: Survei bahan berbahaya Connecticut .: Cyclohexane Illinois zat beracun pengungkapan kepada karyawan bertindak: Cyclohexane Illinois tindakan keamanan kimia: Cyclohexane New York rilis daftar pelaporan: Cyclohexane Rhode Island RTK zat berbahaya: Cyclohexane Pennsylvania RTK: Cyclohexane Minnesota: Cyclohexane Massachusetts RTK: Daftar tumpahan Cyclohexane Massachusetts: Cyclohexane New Jersey: Daftar tumpahan Cyclohexane New Jersey: Pelaporan tumpahan Cyclohexane Louisiana: Cyclohexane TSCA 8 (b) inventaris: Cyclohexane SARA 313 pemberitahuan bahan kimia beracun dan pelaporan pelepasan: Cyclohexane CERCLA: Zat berbahaya .: Cyclohexane: 1000 lbs. (453,6 kg)
Peraturan Lainnya: OSHA: Berbahaya menurut definisi Standar Komunikasi Bahaya (29 CFR 1910.1200). EINECS: Produk ini ada di Inventaris Eropa dari Bahan Kimia Komersial yang Ada.
Klasifikasi Lain:
WHMIS (Kanada): KELAS B-2: Cairan mudah terbakar dengan titik nyala lebih rendah dari 37,8 ° C (100 ° F).
DSCL (EEC):
HMIS (AS):
Bahaya Kesehatan: 1
Bahaya Kebakaran: 3
Reaktivitas: 0
Perlindungan Pribadi: h
Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (AS):
Kesehatan: 1
Kemudahan terbakar: 3
Reaktivitas: 0
Bahaya spesifik:
Peralatan Pelindung: Sarung tangan. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Pakai respirator yang tepat saat ventilasi tidak memadai. Kacamata percikan.

Bagian 16: Informasi Lain
Referensi: Tidak tersedia.
Pertimbangan Khusus Lainnya: Tidak tersedia.
Dibuat: 10/10/2005 08:17 PM
Terakhir Diperbarui: 05/21/2013 12:00 PM
Informasi di atas diyakini akurat dan mewakili informasi terbaik yang tersedia saat ini bagi kami. Namun, kami tidak memberikan jaminan dapat diperjualbelikan atau jaminan lainnya, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan informasi tersebut, dan kami berasumsi tidak ada kewajiban yang timbul dari penggunaannya. Pengguna harus melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan kesesuaian informasi untuk tujuan khusus mereka. Dalam hal apa pun, ScienceLab.com tidak akan bertanggung jawab atas segala klaim, kerugian, atau kerusakan pihak ketiga atau atas kerugian yang hilang atau kerusakan khusus, tidak langsung, insidental, konsekuensial atau contoh, apapun yang timbul, bahkan jika ScienceLab.com telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut.

Lembar Data Keamanan Bahan Metil alkohol MSDS

Bagian 1: Produk Kimia dan Identifikasi Perusahaan
Nama Produk: Metil alkohol
Kode Katalog: SLM3064, SLM3952
CAS #: 67-56-1
RTECS: PC1400000
TSCA: TSCA 8 (b) inventaris: Metil alkohol
CI #: Tidak berlaku.
Sinonim: Alkohol kayu, Metanol; Metilol; Roh Kayu; Carbinol
Nama Kimia: Methanol
Formula Kimia: CH3OH
Reaktivitas
Perlindungan Pribadi
Informasi Kontak:
Sciencelab.com, Inc. 14025 Smith Rd. Houston, Texas 77396 US Sales: 1-800-901-7247 Penjualan Internasional: 1-281-441-4400 Pesan Online:
ScienceLab.com CHEMTREC (24HR Emergency Telephone), hubungi: 1-800-424-9300
International CHEMTREC, telepon : 1-703-527-3887
Untuk bantuan non-darurat, hubungi: 1-281-441-4400

Bagian 2: Komposisi dan Informasi tentangBahan
Komposisi:
Nama CAS #% berdasarkan Berat
Metil alkohol 67-56-1 100
Data Toksikologi pada Bahan: Metil alkohol: ORAL (LD50): Akut: 5628 mg / kg [Tikus]. DERMAL (LD50): Akut: 15800 mg / kg [Kelinci]. VAPOR (LC50): Akut: 64000 ppm 4 jam [Rat].

Bagian 3: Identifikasi Bahaya
Potensi Efek Kesehatan Akut: Berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritasi), kontak mata (iritasi), menelan, inhalasi. Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (permeator). Over-exposure yang parah dapat menyebabkan kematian.
Potensi Efek Kesehatan Kronis: Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (sensitizer). EFEK KARSINOGENIK: Tidak tersedia. EFEK MUTAGENIK: Mutagenik untuk sel somatik mamalia. Mutagenik untuk bakteri dan / atau ragi. PENGARUH TERATOGENIK: KARENA MUNGKIN KARENA untuk manusia. TOKSISITAS PENGEMBANGAN: Tidak tersedia. Zat itu beracun bagi mata. Substansi mungkin beracun untuk darah, ginjal, hati, otak, sistem saraf perifer, saluran pernapasan atas, kulit, sistem saraf pusat (SSP), saraf optik. Paparan zat yang berulang atau berkepanjangan dapat menyebabkan kerusakan organ target. Paparan berulang untuk bahan yang sangat beracun dapat menghasilkan kerusakan kesehatan secara umum oleh akumulasi dalam satu atau banyak organ manusia.

Bagian 4: Tindakan Pertolongan Pertama
Kontak Mata: Periksa dan lepaskan lensa kontak apa pun. Segera siram mata dengan air yang mengalir setidaknya selama 15 menit, menjaga kelopak mata tetap terbuka. Air dingin dapat digunakan. Dapatkan perawatan medis.
Kontak Kulit: Dalam kasus kontak, segera siram kulit dengan banyak air setidaknya selama 15 menit sambil melepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Tutupi kulit yang teriritasi dengan emolien. Air dingin dapat digunakan. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu dengan bersih sebelum digunakan kembali. Dapatkan perawatan medis segera.
Kontak Serius Kulit: Cuci dengan sabun disinfektan dan tutup kulit yang terkontaminasi dengan krim anti-bakteri. Segera cari pertolongan medis.
Inhalasi: Jika terhirup, pindahkan ke udara segar. Jika tidak bernafas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernafas, berikan oksigen. Dapatkan perawatan medis segera.
Inhalasi Serius: Evakuasi korban ke area aman sesegera mungkin. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Jika korban tidak bernafas, lakukan resusitasi mulut ke mulut. PERINGATAN: Ini mungkin berbahaya bagi orang yang memberikan bantuan untuk memberikan resusitasi mulut ke mulut ketika bahan yang dihirup beracun, menular atau korosif. Segera cari pertolongan medis.
Tertelan: Jika tertelan, jangan memaksakan muntah kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh tenaga medis. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Dapatkan perawatan medis segera.
Penelanan Serius: Tidak tersedia.


Bagian 5: Data Api dan Ledakan
Mudah Terbakar dari Produk: Mudah terbakar.
Suhu Pengapian Otomatis: 464 ° C (867,2 ° F)CUTANG
Titik Nyala:TERTUTUP: 12 ° C (53,6 ° F). OPEN CUP: 16 ° C (60,8 ° F).
Batas Mudah Terbakar: RENDAH: 6% UPPER: 36,5%
Produk Pembakaran: Produk-produk ini adalah karbon oksida (CO, CO2).
Bahaya Kebakaran di Kehadiran Zat Berbagai: Sangat mudah terbakar di hadapan nyala api terbuka dan bunga api, panas. Tidak mudah terbakar jika ada guncangan.
Bahaya Ledakan di Hadirat Berbagai Zat: Resiko ledakan produk di hadapan dampak mekanis: Tidak tersedia. Ledakan di hadapan nyala api terbuka dan percikan api, panas.
Media Pemadam Kebakaran dan Petunjuk: Cairan mudah terbakar, larut atau terdispersi dalam air. API KECIL: Gunakan bubuk kimia KERING. KEBAKARAN BESAR: Gunakan busa alkohol, semprotan air atau kabut.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Kebakaran: Mudah meledak dalam bentuk uap ketika terkena panas atau api. Uap dapat menempuh jarak yang cukup jauh ke sumber penyulutan dan flash back. Ketika dipanaskan sampai penguraian, ia memancarkan asap tajam dan asap yang menjengkelkan. PERHATIAN: BURN MUNGKIN DENGAN DEKAT FLAME TIDAK TERLIHAT
Keterangan Khusus tentang Bahaya Ledakan: Membentuk campuran yang eksplosif dengan udara karena titik nyala yang rendah. Bahan peledak bila dicampur dengan Choroform + sodium methoxide dan dietil zinc. Itu mendidih keras dan meledak.

Bagian 6: Tindakan Pelepasan Terkadang
Tumpahan Kecil: Encerkan dengan air dan lap, atau serap dengan bahan kering lembam dan tempatkan di tempat pembuangan limbah yang tepat.
Tumpahan Besar: Cairan mudah terbakar. Cairan beracun. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Serap dengan bumi kering, pasir atau bahan yang tidak mudah terbakar lainnya. Jangan ambil air di dalam kontainer. Jangan sentuh materi yang tumpah. Gunakan semprotan air untuk mengurangi uap. Cegah masuk ke selokan, ruang bawah tanah atau area terbatas; tanggul jika diperlukan. Panggil bantuan untuk pembuangan. Hati-hati bahwa produk tidak hadir pada tingkat konsentrasi di atas TLV. Periksa TLV di MSDS dan dengan otoritas lokal.

Bagian 7:dan Penyimpanan
Tindakan Pencegahan: Tetap terkunci. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Tempelkan semua peralatan yang mengandung material. Jangan menelan. Jangan menghirup gas / asap / uap / semprotan. Kenakan pakaian pelindung yang sesuai. Dalam keadaan ventilasi tidak memadai, gunakan peralatan pernapasan yang sesuai. Jika dicerna, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Jauhkan dari yang tidak kompatibel seperti oksidator, logam, asam.
Penyimpanan: Simpan di area terpisah dan disetujui. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Biarkan kontainer tertutup rapat dan tertutup rapat sampai siap digunakan. Hindari semua sumber penyalaan (percikan atau api).

Bagian 8: Pengendalian Eksposur / Perlindungan Pribadi
Kontrol Teknis: Sediakan ventilasi pembuangan atau kontrol teknis lainnya untuk menjaga konsentrasi uap di udara di bawah nilai ambang batas masing-masing. Pastikan bahwa stasiun pencuci mata dan pancuran keselamatan proksimal ke lokasi stasiun kerja.
Perlindungan Pribadi: Splash goggles. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Sarung tangan.
Perlindungan Pribadi dalam Kasus Tumpahan Besar: Splash goggles. Setelan lengkap. Respirator uap. Sepatu bot. Sarung tangan. Alat pernapasan yang berisi diri harus digunakan untuk menghindari penghirupan produk. Pakaian pelindung yang disarankan mungkin tidak cukup; berkonsultasi dengan spesialis SEBELUM menangani produk ini.
Batas Eksposur: TWA: 200 dari OSHA (PEL) [Amerika Serikat] TWA: 200 STEL: 250 (ppm) dari ACGIH (TLV) [Amerika Serikat] [1999] STEL: 250 dari NIOSH [Amerika Serikat] TWA: 200 STEL: 250 (ppm) dari NIOSH SKIN TWA: 200 STEL: 250 (ppm) [Kanada] Hubungi pihak berwenang setempat untuk mengetahui batas pemajanan yang dapat diterima.

Bagian 9: Sifatdan Kimia
FisikKondisi fisik dan penampilan: Cair.
Bau: Alkohol suka. Menyengat saat mentah.
Rasa: Tidak tersedia.
Berat Molekul: 32,04 g / mol
Warna: Tidak berwarna.
pH (1% soln / air): Tidak tersedia.
Titik didih: 64,5 ° C (148,1 ° F)
Titik lebur: -97,8 ° C (-144 ° F)
Suhu Kritis: 240 ° C (464 ° F)
Specific Gravity: 0.7915 (Water = 1)
Tekanan Uap: 12.3 kPa (@ 20 ° C)
Densitas Uap: 1.11 (Air = 1)
Volatilitas: Tidak tersedia.
Odor Threshold: 100 ppm
Air / Minyak Dist. Coeff .: Produk ini lebih mudah larut dalam air; log (minyak / air) =
-0.8 Ionicity (dalam Air): Non-ionik.
Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air.
Kelarutan: Mudah larut dalam air dingin, air panas.

Bagian 10: Stabilitas dan ReaktivitasData
Stabilitas: Produk stabil.
Suhu Ketidakstabilan: Tidak tersedia.
Kondisi Ketidakstabilan: Panas, sumber ingnisi, bahan yang tidak
kompatibel Ketidakcocokan dengan berbagai zat: Reaktif dengan oksidator, logam, asam.
Korosivitas: Non-korosif di hadapan kaca.
Keterangan Khusus tentang Reaktivitas: Dapat bereaksi dengan penuh semangat dengan oksidasi. Reaksi keras dengan garam alkil aluminium, asetil bromida, kloroform + natrium metoksida, anhidrida kromat, sianokirk klorit, perklorat timbal, fosfor trioksida, asam nitrat. Reaksi eksotermik dengan natrium hidroksida + kloroform. Tidak kompatibel dengan berilium dihidrida, logam (kalium dan magnesium), oksidan (barium perklorat, bromin, natrium hipoklorit, klorin, hidrogen peroksida), kalium tert-butoksida, karbon tetraklorida, logam alkali, logam (aluminium, kalium magnesium, seng), dan dichlormethane. Pembubaran autocatalytic cepat dari aluminium, magnesium atau seng dalam 9: 1 metanol + karbon tetraklorida - cukup kuat untuk dinilai sebagai berpotensi berbahaya. Dapat menyerang beberapa plastik, karet, dan pelapis.
Keterangan Khusus tentang Corrosivity: Tidak tersedia.
Polimerisasi: Tidak akan terjadi.

Bagian 11: Informasi Toksikologi
Rute Masuk: Diserap melalui kulit. Kontak mata. Inhalasi. Proses menelan.
Toksisitas terhadap Hewan: PERINGATAN: NILAI-NILAI LC50 DI SINI DIPEROLEH PADA DASAR PAMERAN 4-JAM. Toksisitas oral akut (LD50): 5628 mg / kg [Tikus]. Toksisitas kulit akut (LD50): 15800 mg / kg [Kelinci]. Toksisitas akut dari uap (LC50): 64000 4 jam [Rat].
Efek Kronis pada Manusia: EFEK MUTAGENIK: Mutagenik untuk sel somatik mamalia. Mutagenik untuk bakteri dan / atau ragi. PENGARUH TERATOGENIK: KARENA MUNGKIN KARENA untuk manusia. Menyebabkan kerusakan pada organ-organ berikut: mata. Dapat menyebabkan kerusakan pada organ-organ berikut: darah, ginjal, hati, otak, sistem saraf perifer, saluran pernapasan bagian atas, kulit, sistem saraf pusat (SSP), saraf optik.
Efek Toksik Lain pada Manusia: Berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritan), menelan, inhalasi. Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (permeator).
Keterangan Khusus tentang Keracunan untuk Hewan: Tidak tersedia.
Keterangan Khusus tentang Efek Kronis pada Manusia:
Melewati sawar plasenta. Dapat mempengaruhi materi genetik. Dapat menyebabkan cacat lahir dan efek reproduksi yang merugikan (efek ayah dan ibu dan fetotoxicity) berdasarkan pada penelitian pada hewan.
Keterangan Khusus tentang Efek Beracun lainnya pada Manusia:

Bagian 12: Informasi Ekologi
Ekotoksisitas: Ekotoksisitas dalam air (LC50): 29400 mg / l 96 jam [Fathead Minnow].
BOD5 and COD: Tidak tersedia.
Produk Biodegradasi: Kemungkinan produk degradasi jangka pendek berbahaya tidak mungkin. Namun, produk degradasi jangka panjang mungkin muncul.
Toksisitas Produk Biodegradasi: Produk degradasi kurang beracun daripada produk itu sendiri.
Keterangan Khusus tentang Produk Biodegradasi: Metanol dalam air dengan cepat terurai dan berfluktuasi. Hidrolisis air, oksidasi, fotolisis, adsorpsi terhadap sedimen, dan biokonsentrasi bukanlah proses takdir yang signifikan. Waktu paruh metanol dalam air surfact berkisar 24 jam. untuk 168 jam. Berdasarkan tekanan uapnya, metanol ada hampir seluruhnya dalam fase uap di atmosfer ambien. Ini terdegradasi oleh reaksi dengan radikal hidroksil yang dihasilkan oleh fotokimia dan memiliki perkiraan paruh waktu 17,8 hari. Metanol secara fisik dikeluarkan dari udara oleh hujan karena kelarutannya. Metanol dapat bereaksi dengan NO2 yang diserbarkan untuk membentuk metil nitrat. Waktu paruh metanol dalam rentang udara dari 71 jam. (3 hari) hingga 713 jam. (29,7 hari) berdasarkan photooxidation paruh kehidupan di udara.

Bagian 13: Pertimbangan
Pembuangan Pembuangan Limbah: Limbah harus dibuang sesuai dengan peraturan pengendalian lingkungan federal, negara bagian dan lokal.


Bagian 14: Informasi Transportasi
Klasifikasi DOT: KELAS 3: Cairan mudah terbakar.
Identifikasi:: Metil alkohol UNNA: 1230 PG: II
Ketentuan Khusus untuk Transportasi: Tidak tersedia.

Bagian 15: Informasi Peraturan Lainnya Peraturan
Federal dan Negara Bagian: Survei bahan berbahaya Connecticut .: Metil alkohol Illinois zat beracun pengungkapan kepada karyawan bertindak: Metil alkohol Illinois tindakan keamanan kimia: Metil alkohol New York merilis daftar pelaporan: Metil alkohol Rhode Island RTK zat berbahaya: Metil alkohol Pennsylvania RTK: Metil alkohol Minnesota: Metil alkohol Massachusetts RTK: Metil alkohol Daftar tumpahan alkohol: Metil alkohol New Jersey: Metil alkohol Daftar kebocoran New Jersey: Metil alkohol Pelaporan tumpahan Louisiana: Metil alkohol California Daftar Direksi dari Zat Berbahaya (8CCR 339) : Metil alkohol Tennesse Berbahaya Hak untuk Tahu: Metil alkohol TSCA 8 (b) persediaan: Metil alkohol SARA 313 pemberitahuan kimia beracun dan rilis melaporkan: Metil alkohol CERCLA: Zat berbahaya: Metil alkohol: 5000 lbs. (2268 kg)
Peraturan Lainnya: OSHA: Berbahaya menurut definisi Standar Komunikasi Bahaya (29 CFR 1910.1200). EINECS: Produk ini ada di Inventaris Eropa dari Bahan Kimia Komersial yang Ada.
Klasifikasi Lain:
WHMIS (Kanada): KELAS B-2: Cairan mudah terbakar dengan titik nyala lebih rendah dari 37,8 ° C (100 ° F). KELAS D-1B: Bahan menyebabkan efek toksik segera dan serius (TOXIC). KELAS D-2A: Bahan yang menyebabkan efek beracun lainnya (sangat TOXIC). Kelas D-2B: Bahan yang menyebabkan efek beracun lainnya (TOXIC).
DSCL (EEC): R11- Sangat mudah terbakar. R23 / 24 / 25- Toksik bila terhirup, kontak dengan kulit dan jika tertelan. R39- Bahaya efek ireversibel yang sangat serius. R39 / 23/24 / 25- Toksik: bahaya efek ireversibel yang sangat serius jika terhirup, kontak dengan kulit dan jika tertelan. S7-Jaga kontainer tertutup rapat. S16-Jauhkan dari sumber api - Dilarang merokok. S36 / 37- Kenakan pakaian pelindung dan sarung tangan yang sesuai. S45 - Jika terjadi kecelakaan atau jika merasa tidak enak badan, segera dapatkan bantuan medis (tunjukkan label jika mungkin).
HMIS (AS):
Bahaya Kesehatan: 2
Bahaya Kebakaran: 3
Reaktivitas: 0
Perlindungan Pribadi: h
Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (AS):
Kesehatan: 1
Kemudahan terbakar: 3
Reaktivitas: 0
Bahaya spesifik:
Peralatan Pelindung: Sarung tangan. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Pakai respirator yang tepat saat ventilasi tidak memadai. Kacamata percikan.

Bagian 16:Informasi Lain
Referensi: -SAX, NI Properti Berbahaya dari Bahan-Bahan Indutrial. Toronto, Van Nostrand Reinold, 6e ed. 1984. - Lembar data keamanan bahan yang dipancarkan oleh: la Komisi de la Santé © la de la Séra © curità © du Travail du Quà © bec. -Hawley, GG. The Condensed Chemical Dictionary, 11e ed., New York NY, Van Nostrand Reinold, 1987. LOLI, HSDB, RTECS, HAZARDTEXT, REPROTOX database
Pertimbangan Khusus Lainnya: Tidak tersedia.
Dibuat: 10/10/2005 08:23 PM
Terakhir Diperbarui: 05/21/2013 12:00 PM
Informasi di atas diyakini akurat dan mewakili informasi terbaik yang tersedia saat ini bagi kami. Namun, kami tidak memberikan jaminan dapat diperjualbelikan atau jaminan lainnya, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan informasi tersebut, dan kami berasumsi tidak ada kewajiban yang timbul dari penggunaannya. Pengguna harus melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan kesesuaian informasi untuk tujuan khusus mereka. Dalam hal apa pun, ScienceLab.com tidak akan bertanggung jawab atas segala klaim, kerugian, atau kerusakan pihak ketiga atau atas kerugian yang hilang atau kerusakan khusus, tidak langsung, insidental, konsekuensial atau contoh, apapun yang timbul, bahkan jika ScienceLab.com telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut.

Lembar Data Keamanan Bahan 1-Butanol MSDS

Bagian 1: IdentifikasiKimia dan
ProdukNama Produk: 1-Butanol
Kode Katalog: SLB3157, SLB1489
CAS #: 71-36-3
RTECS: EO1400000
TSCA: TSCA 8 (b) inventaris: 1-Butanol
CI #: Tidak berlaku.
Sinonim: Propylcarbinol
Nama Kimia: N-Butyl alcohol
Formula Kimia: CH3 (CH2) 2CH2OH
Reaktivitas
Perlindungan Pribadi
Informasi Kontak:
Sciencelab.com, Inc. 14025 Smith Rd. Houston, Texas 77396 US Sales: 1-800-901-7247 Penjualan Internasional: 1-281-441-4400 Pesan Online:
ScienceLab.com CHEMTREC (24HR Emergency Telephone), hubungi: 1-800-424-9300
International CHEMTREC, telepon : 1-703-527-3887
Untuk bantuan non-darurat, hubungi: 1-281-441-4400

Bagian 2: Komposisi dan Informasi tentangBahan
Komposisi:
Nama CAS #% Berat
{1-} Butanol 71-36-3 100
Data Toksikologi pada Bahan: 1-Butanol: ORAL (LD50): Akut: 790 mg / kg [Tikus.]. DERMAL (LD50): Akut: 3400 mg / kg [Kelinci.].

Bagian 3: Identifikasi Bahaya
Potensi Efek Kesehatan Akut: Sangat berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritan, permeator), kontak mata (iritasi), menelan, inhalasi. Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (sensitizer). Radang mata ditandai oleh kemerahan, air, dan gatal. Peradangan kulit ditandai dengan gatal, scaling, memerah, atau, kadang-kadang, terik.
Potensi Efek Kesehatan Kronis: EFEK KARSINOGENIK: Tidak tersedia. EFEK MUTAGENIK: Tidak tersedia. PENGARUH TERATOGENIK: Tidak tersedia. TOKSISITAS PENGEMBANGAN: Tidak tersedia. Pemaparan berulang atau berkepanjangan tidak diketahui memperburuk kondisi medis.
Bagian 4: Tindakan Pertolongan Pertama
Kontak Mata:
Periksa dan lepaskan lensa kontak apa pun. Segera siram mata dengan air yang mengalir setidaknya selama 15 menit, menjaga kelopak mata tetap terbuka. Air dingin dapat digunakan. Dapatkan perawatan medis segera.
Kontak Kulit: Dalam kasus kontak, segera siram kulit dengan banyak air setidaknya selama 15 menit sambil melepaskan pakaian dan sepatu yang terkontaminasi. Tutupi kulit yang teriritasi dengan emolien. Air dingin dapat digunakan. Cuci pakaian sebelum digunakan kembali. Bersihkan sepatu dengan bersih sebelum digunakan kembali. Dapatkan perawatan medis segera.
Kontak Serius Kulit: Cuci dengan sabun disinfektan dan tutup kulit yang terkontaminasi dengan krim anti-bakteri. Segera cari pertolongan medis.
Inhalasi: Jika terhirup, pindahkan ke udara segar. Jika tidak bernafas, berikan pernapasan buatan. Jika sulit bernafas, berikan oksigen. Dapatkan pertolongan medis jika gejala muncul.
Inhalasi Serius: Evakuasi korban ke area aman sesegera mungkin. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang. Jika sulit bernapas, berikan oksigen. Jika korban tidak bernafas, lakukan resusitasi mulut ke mulut. Cari bantuan medis.
Tertelan: JANGAN memaksakan muntah kecuali diarahkan untuk melakukannya oleh tenaga medis. Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Jika sejumlah besar bahan ini tertelan, segera hubungi dokter. Longgarkan pakaian ketat seperti kerah, dasi, ikat pinggang atau ikat pinggang.
Penelanan Serius: Tidak tersedia.

Bagian 5: Data Api dan Ledakan
Mudah Terbakar dari Produk: Mudah terbakar.
Suhu Pengapian Otomatis: 343 ° C (649.4 ° F)CAHAM
Poin Flash:DITUTUP: 28,9 ° C (84 ° F). OPEN CUP: 36,1 ° C (97 ° F) (Cleveland).
Batas Mudah Terbakar: RENDAH: 1,4% UPPER: 11,2%
Produk dari Pembakaran: Produk-produk ini adalah karbon oksida (CO, CO2).
Bahaya Kebakaran di Kehadiran Zat Berbagai: Sangat mudah terbakar di hadapan nyala api terbuka dan bunga api. Mudah terbakar jika ada panas, bahan pengoksidasi, bahan pereduksi, bahan yang mudah terbakar.
Bahaya Ledakan di Hadirat Berbagai Zat: Resiko ledakan produk di hadapan dampak mekanis: Tidak tersedia. Risiko ledakan produk di hadapan debit statis: Tidak tersedia.
Media Pemadam Kebakaran dan Petunjuk: Cairan mudah terbakar, larut atau terdispersi dalam air. API KECIL: Gunakan bubuk kimia KERING. KEBAKARAN BESAR: Gunakan busa alkohol, semprotan air atau kabut. Mendinginkan kapal dengan jet air untuk mencegah penumpukan tekanan, autoignition atau ledakan.
Keterangan Khusus tentang Bahaya Kebakaran: Dapat membentuk campuran eksplosif dengan udara. HATI-HATI: MUNGKIN BURN DENGAN DEKAT FLAME TIDAK TERLIHAT
Keterangan Khusus tentang Bahaya Ledakan: Tidak tersedia.
Bagian 6: Rilis Terkadang
Tumpahan Kecil Tumpahan: Encerkan dengan air dan sapu bersihkan, atau serap dengan bahan kering lembam dan tempatkan di tempat pembuangan limbah yang tepat.
Tumpahan Besar:
Cairan mudah terbakar. Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Hentikan kebocoran jika tanpa risiko. Serap dengan bumi kering, pasir atau bahan yang tidak mudah terbakar lainnya. Jangan sentuh materi yang tumpah. Cegah masuk ke selokan, ruang bawah tanah atau area terbatas; tanggul jika diperlukan. Hati-hati bahwa produk tidak hadir pada tingkat konsentrasi di atas TLV. Periksa TLV di MSDS dan dengan otoritas lokal.

Bagian 7:dan Penyimpanan
Tindakan Pencegahan: Jauhkan dari panas. Jauhkan dari sumber nyala api. Tempelkan semua peralatan yang mengandung material. Jangan menelan. Jangan menghirup gas / asap / uap / semprotan. Dalam keadaan ventilasi tidak memadai, gunakan peralatan pernapasan yang sesuai. Jika dicerna, segera dapatkan saran medis dan tunjukkan wadah atau label. Hindari kontak dengan kulit dan mata. Jauhkan dari yang tidak kompatibel seperti oksidator, reduktor.
Penyimpanan: Simpan di area terpisah dan disetujui. Simpan wadah di tempat yang sejuk dan berventilasi baik. Biarkan kontainer tertutup rapat dan tertutup rapat sampai siap digunakan. Hindari semua sumber penyalaan (percikan atau api).

Bagian 8: Pengendalian Eksposur / Perlindungan Pribadi
Kontrol Teknis: Sediakan ventilasi pembuangan atau kontrol teknis lainnya untuk menjaga konsentrasi uap di udara di bawah nilai ambang batas masing-masing. Pastikan bahwa stasiun pencuci mata dan pancuran keselamatan proksimal ke lokasi stasiun kerja.
Perlindungan Pribadi: Splash goggles. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Sarung tangan.
Perlindungan Pribadi dalam Kasus Tumpahan Besar: Splash goggles. Setelan lengkap. Respirator uap. Sepatu bot. Sarung tangan. Alat pernapasan yang berisi diri harus digunakan untuk menghindari penghirupan produk. Pakaian pelindung yang disarankan mungkin tidak cukup; berkonsultasi dengan spesialis SEBELUM menangani produk ini.
Batas Eksposur: CEIL: 152 (mg / m3) Konsultasikan dengan pihak berwenang setempat untuk batas pemaparan yang dapat diterima.

Bagian 9: Sifatdan Kimia
FisikKondisi fisik dan penampilan: Cair. (Z)
Bau: Vinous. (Sedikit.)
Rasa: Tidak tersedia.
Berat Molekul: 74.12g / mol
Warna: Tidak berwarna.
pH (1% soln / air): Tidak tersedia.
Titik didih: 117,7 ° C (243,9 ° F)
Titik lebur: -89,5 ° C (-129,1 ° F)
Suhu Kritis: Tidak tersedia.
Gravity Spesifik: 0,81 (Air = 1)
Tekanan Uap: 0,6 kPa (@ 20 ° C)
Densitas Uap: 2,55 (Air = 1)
Volatilitas: Tidak tersedia.
Odor Threshold: 1.2 ppm
Air / Minyak Dist. Coeff .: Tidak tersedia.
Ionicity (dalam Air): Tidak tersedia.
Properti Dispersi: Lihat kelarutan dalam air, metanol, dietil eter, n-oktanol.
Kelarutan: Mudah larut dalam metanol, dietil eter. Sebagian larut dalam air dingin, air panas, n-oktanol.

Bagian 10: Stabilitas dan ReaktivitasData
Stabilitas: Produk stabil.
Suhu Ketidakstabilan: Tidak tersedia.
Kondisi Ketidakstabilan: Tidak tersedia.
Ketidakcocokan dengan berbagai zat: Sangat reaktif dengan oksidator, reduktor. Sedikit reaktif untuk reaktif dengan bahan organik, asam, alkali.
Korosivitas: Non-korosif di hadapan kaca.
Keterangan Khusus tentang Reaktivitas: Tidak tersedia.
Keterangan Khusus tentang Corrosivity: Tidak tersedia.
Polimerisasi: Tidak akan terjadi.

Bagian 11: Informasi Toksikologi
Rute Masuk: Kontak dermal. Kontak mata. Inhalasi. Proses menelan.
Toksisitas terhadap Hewan: PERINGATAN: NILAI-NILAI LC50 DI SINI DIPEROLEH PADA DASAR PAMERAN 4-JAM. Toksisitas oral akut (LD50): 790 mg / kg [Tikus.]. Toksisitas kulit akut (LD50): 3400 mg / kg [Kelinci.]. Toksisitas akut dari uap (LC50): 8000 4 jam [Tikus.].
Efek Kronis pada Manusia: Tidak tersedia.
Efek Toksik Lain pada Manusia: Sangat berbahaya jika terjadi kontak kulit (iritasi, permeator), menelan, inhalasi. Sedikit berbahaya jika terjadi kontak kulit (sensitizer).
Keterangan Khusus tentang Keracunan untuk Hewan: Tidak tersedia.
Keterangan Khusus tentang Efek Kronis pada Manusia: Dapat menyebabkan gangguan gastrointestinal.
Keterangan Khusus tentang Efek Beracun lainnya pada Manusia: Paparan dapat menyebabkan mual, sakit kepala dan muntah.

Bagian 12: Informasi Ekologi
Ekotoksisitas: Tidak tersedia.
BOD5 and COD: Tidak tersedia.
Produk Biodegradasi: Kemungkinan produk degradasi jangka pendek berbahaya tidak mungkin. Namun, produk degradasi jangka panjang mungkin muncul.
Toksisitas Produk Biodegradasi: Produk degradasi lebih beracun.
Keterangan Khusus tentang Produk Biodegradasi: Tidak tersedia.

Bagian 13: Pertimbangan pembuangan Pembuangan
limbah:

Bagian 14: Informasi Transportasi
Klasifikasi DOT: KELAS 3: Cairan mudah terbakar.
Identifikasi:: Butanol UNNA: UN1120 PG: III
Ketentuan Khusus untuk Transportasi: Tidak tersedia.
Bagian 15: Informasi Peraturan Lainnya Peraturan
Federal dan Negara Bagian: Pennsylvania RTK: 1-Butanol Massachusetts RTK: 1-Butanol TSCA 8 (b) inventaris: 1-Butanol
Peraturan Lain: OSHA: Berbahaya menurut definisi Standar Komunikasi Bahaya (29 CFR 1910.1200) .
Klasifikasi Lain:
WHMIS (Kanada): KELAS B-2: Cairan mudah terbakar dengan titik nyala lebih rendah dari 37,8 ° C (100 ° F). KELAS D-2B: Bahan yang menyebabkan efek beracun lainnya (TOXIC).
DSCL (EEC): R10- Mudah terbakar. R22 - Berbahaya jika tertelan. R38 - Mengiritasi kulit. R41 - Resiko kerusakan serius pada mata.
HMIS (AS):
Bahaya Kesehatan: 1
Bahaya Kebakaran: 3
Reaktivitas: 0
Perlindungan Pribadi: h
Asosiasi Perlindungan Kebakaran Nasional (AS):
Kesehatan: 1
Kemudahan terbakar: 3
Reaktivitas: 0
Bahaya spesifik:
Peralatan Pelindung: Sarung tangan. Jas laboratorium. Respirator uap. Pastikan untuk menggunakan respirator yang disetujui / bersertifikat atau yang setara. Pakai respirator yang tepat saat ventilasi tidak memadai. Kacamata percikan.

Bagian 16: Informasi Lain
Referensi: Lembar Data Keselamatan Material -Produsen.
Pertimbangan Khusus Lainnya: Tidak tersedia.
Dibuat: 10/10/2005 08:15 PM
Terakhir Diperbarui: 05/21/2013 12:00 PM
Informasi di atas diyakini akurat dan mewakili informasi terbaik yang tersedia saat ini bagi kami. Namun, kami tidak memberikan jaminan dapat diperjualbelikan atau jaminan lainnya, tersurat maupun tersirat, sehubungan dengan informasi tersebut, dan kami berasumsi
tidak ada kewajiban yang dihasilkan dari penggunaannya. Pengguna harus melakukan penyelidikan sendiri untuk menentukan kesesuaian informasi untuk tujuan khusus mereka. Dalam hal apa pun, ScienceLab.com tidak akan bertanggung jawab atas segala klaim, kerugian, atau kerusakan pihak ketiga atau atas kerugian yang hilang atau kerusakan khusus, tidak langsung, insidental, konsekuensial atau contoh, apapun yang timbul, bahkan jika ScienceLab.com telah diberitahu tentang kemungkinan kerusakan tersebut.

Lembar Data Keamanan Bahan n-Butanol MSDS

BAGIAN 1: Identifikasi zat / campuran dan perusahaan / usaha
1.1. Identifier
produk Nama Produk n-Butanol
Nama Kimia CAS No EC No Nomor pendaftaran REACH Butan-1-ol 71-36-3 200-751-6 01-2119484630-38-0008
Zat murni / campuran Zat
1.2. Penggunaan bahan atau campuran yang teridentifikasi dan penggunaan yang relevan yang disarankan terhadap Penggunaan Industri: sebagai perantara, Bahan pembersih, Pelumas, dalam pelapis, dalam cat, tinta, toner, dalam perekat dan cairan kerja Logam / minyak gelinding. Penggunaan Profesional: Agenpembersih, bahan kimia Laboratorium, Pelumas, dalam lapisan, dalam cat, toner, tinta, perekat dan cairan / minyak linting. Penggunaan Konsumen: Agen pembersih, dalam pelapis, dalam cat, tinta, toner, dalam perekat, Disinfektan dan produk perawatan pribadi.
Aplikasi Kimia menengah, Pelarut.
Penggunaan disarankan terhadap Tidak teridentifikasi.
1.3. Rincian pemasok lembar data keselamatan Produsen Perstorp Oxo AB SE-444 84 Stenungsund Swedia Tel. +46 303 728600 Fax. +46 303 728607 www.perstorp.com Alamat e-mail productinfo@perstorp.com
1.4. Nomor telepon darurat Eropa (+) 1 760 476 3961 (kontrak no: 334101)
Inggris (+) 44 8 08 189 0979 (kontrak no: 334101)

BAGIAN 2: Identifikasi
bahaya Deskripsi bahaya Bahan ini adalah cairan yang mudah terbakar dan dapat membentuk bahan peledak campuran udara / uap. Uap dapat menyebar di sepanjang lantai dan dinyalakan oleh muatan elektrostatik. Zat ini dapat menyebabkan kerusakan mata permanen dan oleh iritasi kontak kulit dan dehidrasi. Uap mengiritasi sistem pernapasan dan juga mempengaruhi sistem saraf pusat yang dapat menyebabkan mengantuk atau pusing. Gejala awal paparan mungkin termasuk kelelahan dan sakit kepala.
2.1. Klasifikasi zat atau campuran Klasifikasi menurut Regulasi (EC) No. 1272/2008 [CLP] Toksisitas akut - Kategori Oral 4 - (H302) Korosi / iritasi kulit Kategori 2 - (H315) Kerusakan / iritasi mata yang serius Kategori 1 - (H318) Toksisitas sistemik organ target spesifik (paparan tunggal) Kategori 3 - (H335, H336) Cairan mudah terbakar
Kategori 3 - (H226)
Klasifikasi menurut Directive 67/548 / EEC atau 1999/45 / EC Teks lengkap dari R-phrases: lihat bagian 16
Simbol-simbol bahaya
2.2. Elemen label Simbol /
Kata sinyal Bahaya
PiktogramPernyataan bahaya H318 - Menyebabkan kerusakan mata yang serius H315 - Menyebabkan iritasi kulit H302 - Berbahaya jika tertelan H336 - Dapat menyebabkan mengantuk atau pusing H335 - Dapat menyebabkan iritasi pernapasan
H226 - Cairan dan uap mudah terbakar
Pernyataan Kehati-hatian P210 - Tetap jauh dari panas / percikan api / api terbuka / permukaan panas. - Dilarang merokok P241 - Gunakan listrik / ventilasi / lampu / peralatan ledakan-bukti P305 + P351 + P338 - JIKA TERKENA MATA: Bilas secara hati-hati dengan air selama beberapa menit. Lepaskan lensa kontak, jika ada dan mudah dilakukan. Lanjutkan membilas P303 + P361 + P353 - JIKA TERKENA KULIT (atau rambut): Keluarkan / Tanggalkan segera semua pakaian yang terkontaminasi. Bilas kulit dengan air / pancuran P304 + P340 - JIKA TERHIRUP: Pindahkan korban ke udara segar dan istirahatkan dalam posisi yang nyaman untuk bernafas P312 - Hubungi SENTRA INFORMASI atau dokter jika Anda merasa tidak sehat.
Berisi: Butan-1-ol
2.3. Bahaya lain Tidak ada yang diketahui.

BAGIAN 3: Komposisi / informasi tentang bahan
3.1 Zat-zat Kimia Nama EC No CAS No REACH
nomor pendaftaran
berat-% Klasifikasi
sesuai dengan Petunjuk 67/548 / EEC atau 1999/45 / EC
Klasifikasi sesuai dengan Peraturan (EC) No. 1272/2008 [ CLP]
Butan-1-ol 200-751-6 71-36-3 01-2119484630-38-0008100 R10
Xn; R22 Xi; R37 / 38-41 R67
Acute Tox. 4 (H302) Irit Kulit. 2 (H315) Eye Dam. 1 (H318) STOT SE 3 (H335) STOT SE 3 (H336) Flam. Liq. 3 (H226)
Teks lengkap R-phrases: lihat bagian 16
Teks lengkap dari frase H- dan EUH: lihat bagian 16
Informasi tambahan Tidak ada informasi yang tersedia

BAGIAN 4: Tindakan pertolongan pertama
n-Butanol Tanggal Revisi 04-Jun-2015
4.1 . Deskripsi tindakan pertolongan pertama
Saran umum Diperlukan perhatian medis segera. Fasilitas pencuci mulut darurat harus ditempatkan di sekitar tempat produk ditangani. Jika tempat tidak sadar dalam posisi pemulihan dan dapatkan bantuan medis. Personil pertolongan pertama harus memperhatikan keselamatan mereka sendiri.
Inhalasi Hapus ke udara segar. Bilas mulut dengan air. Jika iritasi berlanjut, dapatkanmedis
saran / perhatian.
Kontak kulit Segera cuci bersih dengan sabun dan banyak air. Gunakan air hangat jikamemungkinkan. Dapatkan perawatan medis jika iritasi berkembang dan berlanjut.
Kontak mata Diperlukan perhatian medis segera. Bilas segera dengan banyak air, juga di
bawah kelopak mata, setidaknya selama 15 menit. Gunakan air hangat jika memungkinkan. Jaga mata terbuka lebar sambil berkumur.
Tertelan Jangan memuntahkan muntah. Bersihkan mulut dengan air dan minum sesudahnya banyak air.
Jangan pernah memberikan apapun melalui mulut kepada orang yang tidak sadar. Dapatkan perawatan medis.
Perlindungan diri dari aider pertama Hindari kontak dengan kulit, mata atau pakaian.
4.2. Gejala dan efek terpenting, baik akut maupun tertunda Dengan menelan: Dapat menyebabkan sakit perut, sakit kepala, mual dan diare. Dosis besar mempengaruhi hati dan ginjal. Mungkin memiliki efek narkotika. Jika terhirup: Zat ini menyebabkan iritasi saluran pernapasan dan memiliki efek narkotika. Menghirup konsentrasi tinggi uap dapat menyebabkan iritasi pada saluran pernapasan dengan sakit tenggorokan, batuk, sesak napas, sakit kepala, mual, pusing, kusam, dan tidak sadarkan diri. Itu juga bisa memberikan gejala yang sama seperti konsumsi. Dengan kontak kulit: Zat ini memiliki efek yang menjengkelkan dan melemahkan. Dapat menyebabkan reaksi alergi. Dengan kontak mata: Uap mengiritasi mata, menyebabkan banjir air mata dan rasa sakit. Pukulan ombak bisa menyebabkan radang mata. Efek kronis: Inhalasi berkepanjangan telah menyebabkan saraf pendengaran dan cedera vestibular yang mengakibatkan vertigo berat dan gangguan pendengaran pada pekerja yang terpajan 1-butanol. Kontak yang berulang atau berkepanjangan dapat menurunkan kulit yang menyebabkan pengeringan, retak dan dermatitis eczematous. Orang dengan gangguan kulit yang sudah ada sebelumnya atau masalah mata atau gangguan fungsi hati, ginjal atau pernafasan mungkin lebih rentan terhadap efek substansi.
4.3. Indikasi pertolongan medis segera dan perawatan khusus yang diperlukan Perlakukan sesuai gejalanya.
BAGIAN 5: Tindakan pemadaman kebakaran
5.1. Media pemadam kebakaran Media pemadam yang sesuai Semprotan air, karbon dioksida (CO2), kimia kering, busa tahan-alkohol.
Media pemadam yang tidak sesuai Volume air yang tinggi.
5.2. Bahaya khusus yang timbul dari bahan atau campuran. Zat ini adalah cairan yang mudah terbakar dan dapat membentuk campuran udara / uap eksplosif. Uap lebih berat daripada udara dan bisa menyebar di sepanjang lantai. Dekomposisi termal dapat menyebabkan pelepasan gas dan uap yang mengiritasi dan beracun.
Produk pembakaran berbahaya Karbon monoksida (CO), Karbon dioksida (CO2).
5.3. Saran untuk petugas pemadam Kebakaran Pakai alat bantu pernapasan dan pakaian pelindung.
Informasi tambahan Dinginkan wadah dengan kuantitas air yang membanjir sampai setelah api padam. Mencegah air pemadam kebakaran dari mencemari air permukaan atau sistem air tanah. Busa harus diaplikasikan dalam jumlah besar karena dipecah sampai batas tertentu oleh produk.

BAGIAN 6: Tindakan pelepasan yang tidak disengaja
6.1. Kewaspadaan pribadi, peralatan pelindung dan prosedur darurat Jangan menyentuh wadah yang rusak atau material yang tumpah kecuali mengenakan pakaian pelindung yang sesuai. Ventilasikan area yang terkena. Hapus semua sumber nyala.
6.2. Tindakan pencegahan lingkungan Meminimalkan area yang menyebar dan menutupi saluran air. Jangan sampai masuk ke selokan, di tanah atau ke badan air. Otoritas lokal harus diberitahu jika tumpahan yang signifikan tidak dapat dikandung. Lihat Bagian 12 untuk informasi ekologis tambahan.
6.3. Metode dan bahan untuk penangkalan dan pembersihan Metode untuk penahanan
Tumpahan kecil Serap dengan tanah, pasir atau bahan yang tidak mudah terbakar lainnya dan pindahkan ke wadah untuk dibuang kemudian Tumpahan besar Pompakan produk ke dalam wadah cadangan yang diberi label yang sesuai. Metode untuk membersihkan Bersihkan permukaan yang terkontaminasi secara menyeluruh.
6.4. Rujukan ke bagian lain Lihat Bagian 7,8,13 untuk informasi lebih lanjut.

BAGIAN 7: Penanganan dan penyimpanan
7.1. Tindakan pencegahan untuk penanganan yang aman Pastikan ventilasi yang cukup, terutama di area terbatas. Jauhkan dari panas, percikan api, nyala api dan sumber pengapian lainnya (misal, lampu pilot, motor listrik dan listrik statis). Lakukan tindakan pencegahan terhadap muatan listrik statis. Gunakan alat percikan api dan peralatan anti ledakan. Gunakan perlindungan pribadi yang direkomendasikan di Bagian 8.
Pertimbangan Kebersihan Umum Tangani sesuai dengan praktik kebersihan dan keselamatan industri yang baik.
7.2. Kondisi penyimpanan yang aman, termasuk tidak kompatibel. Simpan di tempat yang berventilasi baik. Tetap tertutup rapat di tempat yang kering dan sejuk. Jauhkan dari panas, percikan api, nyala api dan sumber pengapian lainnya (misal, lampu pilot, motor listrik dan listrik statis). Simpan di bawah selimut nitrogen.
7.3. Penggunaan akhir khusus Untuk rinciannya, lihat skenario paparan terpisah.

BAGIAN 8: Kontrol pemaparan / perlindungan pribadi
8.1. Parameter kontrol Batas Eksposur Jaga tingkat pemaparan pribadi di bawah Derived No Effect Level (DNEL) dan nilai batas paparan nasional (jika ada). Nama Kimia Uni Eropa Inggris Butan-1-ol
71-36-3
Tidak tersedia STEL: 50 ppm
STEL: 154 mg / m3 Sk *
Berasal Tidak Ada Tingkat Pengaruh (DNEL) - pekerja Butan-1-ol (71-36-3 ) Jenis Eksposur rute DNEL Keterangan Efek kronis, Penghirupan lokal 310 mg / m3
Derived No Effect Level (DNEL) - Butan-1-ol Konsumen (71-36-3) Jenis Rute pemajanan DNEL Keterangan Efek kronis, sistemik Oral 3.125 mg / kg bw / hari Efek kronis, Inhalasi lokal 55 mg / m3
Diprediksi Tidak Ada Pengaruh Konsentrasi (PNEC) Butan-1-ol (71-36-3) Kompartemen lingkungan Diprediksi Tidak Ada Pengaruh Konsentrasi
(PNEC)
Keterangan
Air segar 0,082 mg / l Intermiten 2,25 mg / l
n-Butanolpengaktifan
Temperaturotomatis 320 ° C / 608 ° F
Sedimen air tawar 0.178 mg / kg berat kering Air laut 0.008 mg / l Sedimen laut 0,017 mg / kg berat kering Dampak pada Pengolahan Limbah 2476 mg / l Tanah 0,015 mg / kg berat kering
8.2. Kontrol pemaparan Pengendalian teknik yang sesuai stasiun Eyewash. Pastikan ventilasi yang memadai, terutama di area tertutup.
Langkah-langkah perlindungan individu, seperti alat pelindung diri Perlindungan
mata / wajah Kacamata pengaman penyegelan ketat. Pelindung Tangan Kenakan sarung tangan pelindung. Pastikan bahwa waktu terobosan bahan sarung tangan tidak
terlampaui. Lihat pemasok sarung tangan untuk informasi tentang waktu terobosan untuk sarung tangan khusus. Durasi kontak Bahan sarung tangan Ketebalan sarung tangan Waktu istirahat Bahan-bahan yang sesuai juga dengan
karet Butil 0,7 mm Sarung tangan harus sesuai dengan perpanjangan kontak langsung berkepanjangan EN 374 (indeks pelindung 6, sesuai> 480 menit waktu permeasi menurut EN 374): Bahan yang sesuai juga dengan kontak langsung yang lama (indeks pelindung 6, sesuai> 480 menit waktu permeasi menurut EN 374):
menyala. Tekanan uap 1.0 kPa
Karet nitril, NBR 0,4 mm Sarung tangan harus sesuai dengan
standar EN 374
Perlindungan kulit dan tubuh Pelindung tubuh harus dipilih tergantung pada aktivitas dan kemungkinan pemaparan, misalnya apron, sepatu pelindung, pelindung bahan kimia (sesuai dengan EN 14605 dalam kasus dari percikan).
Perlindungan pernapasan Dalam kasus ventilasi yang tidak memadai, pakailah peralatan pernapasan yang sesuai.sesuai
Perlindungan pernapasan yanguntuk konsentrasi yang lebih rendah atau paparan jangka pendek: Filter gas untuk gas / uap senyawa organik (titik didih> 65 ° C, misalnya Tipe A) Perlindungan pernapasan yang sesuai untuk konsentrasi yang lebih tinggi atau paparan jangka panjang: Alat bantu pernapasan mandiri .
Pengendalian paparan lingkungan Informasi lebih lanjut mengenai langkah-langkah manajemen risiko khusus: lihat lampiran lembar data keamanan ini (skenario paparan).

BAGIAN 9: Sifat fisik dan kimia
9.1. Informasi tentang sifat fisik dan kimia dasar Penampilan cairan tidak berwarna Bau manis Bau ambang Tidak ada data yang tersedia
Properti
@ 20 ° C (47 g / l)
Tidak berlaku Batas eksplosif
Nilai
Keterangan • Metode pH
5 Titik leleh / titik beku -90 ° C / -130 ° F
menyala. Titik didih / rentang didih 117 ° C / 243 ° F
Uji OECD No. 103: Titik didih Titik
36 ° C / 97 ° F
nyalaASTM D 7094-04
Tingkat penguapan : Mudah
Tidak tersedia informasiterbakar (padat, gas)
Batas eksplosif atas 11.2 Vol -%
menyala Batas eksplosi lebih rendah 1,4 Vol-%
@ 25 ° C (lit.)
Densitas uap Tidak tersedia informasi Kepadatan relatif 0,81
D20 / 4, ISO 2811-2 Kelarutan dalam air 47 g / L
@ 20 ° C OECD Test No. 105: Kelarutan Kelarutan Air (ies)
Tidak ada informasi yang tersedia Koefisien partisi 1.1 log POW (@ 25 ° C) OECD Test No. 117:Partisi
Koefisien(n-oktanol / air), Metode HPLC ASTM E 659-78
n-Butanol
Bulk density
Suhu penguraian
Tidak berlaku Viskositas kinematik
Tidak ada informasi yang tersedia Viskositas dinamis 2,9 mPa s @ 20 ° C, ISO 3219 Sifat peledak
Produk ini tidak meledak-ledak. Namun, pembentukan campuran udara / uap eksplosif dimungkinkan. Sifat oksidator Tidak mengoksidasi. Densitas Tidak ada informasi tersedia Tidak ada informasi tersedia
9.2. Informasi lainnya Tidak ada informasi tersedia.

BAGIAN 10: Stabilitas dan reaktivitas
10.1. Reaktivitas Zat ini adalah alkohol. Alkohol menunjukkan asam lemah dan perilaku basa lemah. Mereka dapat memulai polimerisasi isocyanates dan epoxides. Substansi membentuk ester melalui reaksi kondensasi. Substansi dapat teroksidasi menjadi aldehida dan keton.
10.2. Stabilitas kimia Stabil dalam kondisi normal.
10.3. Kemungkinan reaksi yang berbahaya Bereaksi dengan: Oksidator, Asam kuat. Bereaksi dengan etilena karbonat membentuk butil cellosolve (n-butoxyethanol) (sangat beracun). Bereaksi dengan asam nitrat untuk membentuk butil nitrit (beracun). Bereaksi dengan amonia untuk menghasilkan butylamine beracun.
10.4. Kondisi yang harus dihindari Jauhkan dari panas, percikan api, nyala api dan sumber pengapian lainnya (misal, lampu pilot, motor listrik dan listrik statis).
10,5. Bahan yang tidak cocok Agen pengoksidasi yang kuat. Serangan plastik dan karet.
10.6. Produk penguraian yang berbahaya Dekomposisi termal dapat menyebabkan pelepasan gas dan uap yang mengiritasi dan beracun. Karbon monoksida (CO). Karbon dioksida (CO2)

BAGIAN 11: Informasi toksikologis
11.1. Informasi tentang efek toksikologi
Informasi tentang rute paparan Terhirup. Yg berhubung dgn kulit.
Gejala yang berkaitan dengan karakteristik fisik, kimia, dan toksikologi Lihat Bagian 4 untuk informasi lebih lanjut.
Ukuran numerik toksisitas Toksisitas
akut Berbahaya jika tertelan.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Rute pemaparan Dosis yang efektif Keterangan OECD Test No. 401: Toksisitas Oral Akut
Tikus Lisan 2290 mg / kg LD50 (mematikan dosis) OECD Test No. 402: Toksisitas Dermal Akut
Kelinci Dermal 3430 mg / kg LD50 (mematikan dosis) OECD Test No. 403: Toksisitas inhalasi Akut Penghirupan
Tikus> 17,76 mg / l LC0
Hamster Tidak Diketahui Oral 1200 mg / kg LD50 (mematikan
dosis)
Korosi / iritasi kulit Mengiritasi kulit.
ReaksiButan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Eksposur rute Hasil
Kelinci Dermal Mengiritasi kulit
Kerusakan mata yang serius / iritasi mata Mengiritasi mata. Risiko kerusakan serius pada mata.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Eksposur rute Hasil OECD Test No. 405: Iritasi / Iritasi Mata Akut / Korosi
Kelinci Mata Mengiritasi mata Menyebabkan
kerusakan mata yang serius
Sensitisasi pernapasan atau kulit Bukan penyensit kulit.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Eksposur rute Hasil Tes OECD No. 406: Kulit Sensitisasi
Kulit Bukan penyensitifan kulit
Mutagenisitas Sel Induk Tidak mutagenik.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Hasil In vitro Tes Kromosom Kromosom Aberasional in vitroNegatif
Uji OECDNo. 476: Uji mutasi gen sel mamalia secara in vitro secara in vitronegatif
Uji OECDNo. 474: Tes mikronukleit eritrosit mamaliain vivoNegatif
Tes Amesin vitroNegatif
KarsinogenisitasKarena semua penelitian mutagenisitas in vitro negatif, tidak ada petunjuk untuk potensi karsinogenik apa pun.
Toksisitas reproduktif Materi telah diuji pada tikus dan ditemukan tidak menyebabkan efek reproduksi yang signifikan.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Eksposur rute Dosis efektif Keterangan OECD Test No. 416: Toksisitas Reproduksi Dua-Generasi
Tikus Terhirup 750 ppm NOAEC (F1, F2) Efek perkembangan dibaca-silang dari zat pendukung(struktural) analog) Uji OECD No. 416: Toksisitas Reproduksi Dua-Generasi
Tikus Terhirup 2000 ppm NOAEC (F0, F1)
Efek pada kesuburan dibaca dari bahan pendukung (struktural analog) Kementerian Kesehatandan Kesejahteraan, Jepang; Pedoman untuk Studi Toksisitas Obat-obatan
Tikus Oral 1454 mg / kg bb / hari NOAEL Efek perkembangan
Penghirupan Tikus 10.8 mg / l NOAEL
Efek perkembangan
STOT - paparan tunggal Mengiritasi sistem pernapasan
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Paparan rute Dosis efektif Keterangan data manusia data manusia TerhirupMengiritasipernapasan sistemTikus Terhirup Mengiritasi sistem pernafasan
STOT - paparan berulang
RehabilitasiButan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Eksposur rute Dosis efektif Keterangan (US EPA 90 hari) Tikus Oral 125 mg /kg bb / hari NOAEL EPA OTS 798.2450 (90 hari) Tikus Terhirup 2.35 mg / l NOAEL
pembacaan dari bahan pendukung (struktural analog)
Bahaya aspirasi Tidak ada bahaya yang teridentifikasi .

BAGIAN 12: Informasi ekologi
12.1. Toksisitas Toksisitas rendah terhadap organisme akuatik.
Butan-1-ol (71-36-3)
Metode Spesies Rute pemaparan Dosis yang efektif Waktu pemaparan Catatan OECD Test No. 203: Ikan, Uji Toksisitas Akut Pimephales promelas
Air Tawar 1376 96h mg / l LC50 (mematikan konsentrasi) OECD Test No. 202 : Daphnia sp. Tes Imobilisasi Akut
Daphnia magna Air tawar 1328 48 h mg / l EC50
(konsentrasi efektif) OECD Test No. 201: Alga Air Tawar dan Cyanobacteria, Uji Penghambatan Pertumbuhan Pseudokirchneriell subcapitata
Freshwater 225 96h mg / l EC50 (konsentrasi efektif) OECD Test No. 211: Daphnia magna Reproduksi Uji
Daphnia magna Freshwater 4.1 21d mg / l NOEC
DIN 38412, bagian 8 (Pseudomonas cell multiplication inhibition test)
Toksisitas bakteri Air Tawar 4390 17 h mg / l EC50 (konsentrasi efektif)
12.2. Kegigihan dan daya hancur Mudah terurai
Butan-1-ol (71-36-3)46-53
Metode Nilai Waktu pemajanan Hasil
h DT50 Degradasi Abiotik fotolisis 92% 20d Mudah terurai secara biologis
12.3. Potensi bioakumulasi Tidak ada potensi bioakumulasi
Nama kimia Koefisien partisi Faktor biokonsentrasi (BCF)
Butan-1-ol 0.81
12.4. Mobilitas dalam tanah Produk tidak menyerap padatan tersuspensi dan sedimen berdasarkan log Koc yang menunjukkan mobilitas tinggi dalam tanah.
Log Nama Kimia Koc
Butan-1-ol 0,388
12,5. Hasil penilaian PBT dan vPvB Substansi ini tidak memenuhi kriteria untuk klasifikasi sebagai PBT atau vPvB.
12.6. Efek merugikan lainnya Tidak ada informasi yang tersedia.
BAGIAN 13: Pertimbangan pembuangan
13.1. Metode penanganan limbah Limbah dari residu / produk yang tidak digunakan Produk ini diklasifikasikan sebagai limbah berbahaya dan harus dibuang begitu saja. Membakar di instalasi berlisensi.
Kemasan yang terkontaminasi Bahan kemasan yang terkontaminasi harus dibuang dengan cara yang sama seperti produk. Kemasan yang benar-benar kosong dan bersih dapat didaur ulang.
Kode limbah / penetapan limbah menurut EWC / AVV Sampah dari residu / produk yang tidak digunakan: 16 03 05 *.
Informasi Lain Kode limbah harus diberikan oleh pengguna berdasarkan aplikasi yang digunakan produk tersebut.

BAGIAN 14: Informasi transportasi
Tanggal Daftarn-Butanol 04-Jun-2015
UlangADR Transportasi jalan 14.1 Nomor PBB UN1120 14.2 Nama pengiriman PBB yang tepat Butanols
Keterangan Pengiriman yang Tepat UN1120, Butanol, 3, III, (D / E) 14.3 Kelas bahaya pengangkutan (es) ) 3 Kelas bahaya anak perusahaan 3 14.4 Kelompok Pengemasan III 14.5 Bahaya lingkungan Tidak berlaku 14.6 Tindakan pencegahan khusus untuk pengguna Tidak ada Kode pembatasan terowongan (D / E) Jumlah terbatas (LQ) 5 L Bahaya ADR (Nomor Kemmler)
30
RID Angkutan rel 14,1 nomor PBB UN1120 14.2 PBB nama pengiriman yang tepat Butanols
Proper Pengiriman Keterangan UN1120, Butanols, 3, III 14.3 Kelas bahaya transportasi (es) 3 14.4 Kelompok Pengemasan III 14.5 Bahaya lingkungan Tidak berlaku 14.6 Tindakan pencegahan khusus untuk pengguna Tidak ada
IMDG Angkutan laut 14.1 Nomor PBB UN1120 14,2 PBB tepat nama pengiriman Butanols
Proper Pengiriman Keterangan UN1120, Butanols, 3, III, (36 ° C cc) 14.3 Kelas bahaya pengangkutan (es) 3 14.4 Kelompok Pengemasan III 14.5 Bahaya lingkungan Tidak berlaku 14.6 Tindakan pencegahan khusus f atau pengguna 223
EmS-No FE, SD Kuantitas terbatas (LQ) 5 L 14.7 Transportasi dalam jumlah besar sesuai dengan Lampiran II MARPOL 73/78 dan Kode IBC
Tidak ada informasi yang tersedia
IATA Angkutan udara 14,1 nomor PBB UN1120 14,2 PBB nama pengiriman yang tepat Butanols
14.3 Kelas bahaya transportasi 3Kelompok Pengepakan III
.44Deskripsi Pengiriman yang Tepat UN1120, Butanol, 3, III 14.5 Bahaya lingkungan Tidak berlaku 14.6 Tindakan pencegahan khusus untuk pengguna A3
Jumlah terbatas (LQ) 10 L ERG Code 3L

BAGIAN 15: Informasi pengaturan
15.1. Regulasi / legislasi keselamatan, kesehatan dan lingkungan khusus untuk bahan atau campuran Peraturan Internasional Tidak berlaku.
European Union Council Directive 2012/18 / EU tentang pengendalian bahaya kecelakaan besar yang melibatkan zat berbahaya. Perhatikan Directive 98/24 / EC tentang perlindungan kesehatan dan keselamatan pekerja dari risiko yang terkait dengan agen kimia di tempat kerja. Peraturan Komisi No. 10/2011 berkaitan dengan bahan plastik dan barang yang dimaksudkan untuk bersentuhan dengan makanan. Keputusan Komisi 96/335 / EC menetapkan inventaris dan nomenklatur bahan umum yang digunakan dalam produk kosmetik (INCI)
Nama Kimia Prancis Nomor RG Prancis Butan-1-ol
71-36-3
RG 84
15.2. Penilaian keamanan kimia A Chemical Safety Assessment telah dilakukan untuk bahan ini.

BAGIAN 16: Informasi lain
Kunci atau legenda untuk singkatan dan akronim yang digunakan dalam lembar data keselamatan
Teks lengkap frasa R yang dirujuk pada bagian 2 dan 3 R10 - R22 mudah terbakar - Berbahaya jika tertelan R41 - Risiko kerusakan serius pada mata R67 - Uap dapat menyebabkan kantuk dan pusing R37 / 38 - Mengiritasi sistem pernapasan dan kulit
Teks Pernyataan-H penuh mengacu pada bagian 3 H302 - Berbahaya jika tertelan H315 - Menyebabkan iritasi kulit H318 - Menyebabkan kerusakan mata berat H335 - Dapat menyebabkan iritasi pernapasan H336 - Dapat menyebabkan mengantuk atau pusing H226 - Cairan dan uap mudah terbakar.
Lembar data keselamatan ini sesuai dengan persyaratan: Peraturan (EC) No. 1907/2006, PERATURAN KOMISI (UE) No. 453/2010 dari 20 Mei 2010.
Penafian Informasi yang diberikan dalam Lembar Data Keselamatan ini benar untuk yang terbaik dari pengetahuan, informasi dan keyakinan kami pada tanggal publikasi. Informasi yang diberikan dirancang hanya sebagai panduan untuk penanganan, penggunaan, pemrosesan, penyimpanan, transportasi, pembuangan dan pelepasan yang aman dan tidak dianggap sebagai jaminan atau spesifikasi kualitas. Informasi tersebut hanya berkaitan dengan bahan khusus yang ditentukan dan mungkin tidak berlaku untuk bahan yang digunakan dalam kombinasi dengan bahan lain atau dalam proses apa pun, kecuali ditentukan dalam teks.



Comments

Popular posts from this blog

MSDS Aquades, Etil Eter, Etanol, dan Aseton

MSDS 1-Propanol, 2-Propanol, kloroform, dan aseton

MSDS NaOH, H2C2O4, Indikator pp, dan Karbon Aktif