Berita dan pemberitaan: defenisi, nilai, unsur dan contoh.


Nama  : Delfina Nilmayanti
Nim     : 17017031
Tugas  : Laporan bacaan berita dan pemberitaan, perbedaan keduanya beserta contoh
            Secara sosiologis berita adalah semua hal yang terjadi didunia, seperti yang dilukiskan oleh para pakar jurnalistik, berita adalah apa yang ditulis surat kabar, apa yang disiarkan radio dan apa yang ditayangkan ditelevisi. Berita yang secara sederhana adalah rumusan Turner Catlegde dari harian The New York Times, yaitu: sebagaimana dikutip Totok Djuroto “ berita adalah segala sesuatu yang kemarin belum anda ketahui. Dikutip oleh totok djuroto dalam bukunya teknik mencari dan menulis berita, berita adalah laporan tentang sesuatu yang baru dan menarik (perhatian) audience tertentu. Menurut W.J.S. Purwadarminta, yang mengatakan berita adalah laporan tentang suatu kejadian yang terbaru.
            Berita memiliki nilai-nilai yaitu:
Konflik→ informasi yang mempertentangkan antar manusia, bangsa, dan negara perlu dilaporkan keoada khalayak agar khalayak mudah mengambil sikap.
kemajuan→ informasi tentang kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi senantiasa perlu dilaporkan kepada khalayak.
dekat→ informasi yang memiliki kedekatan emosi dan jarak geografis dengan khalayak perlu segera dilaporkan.
aktual→peristiwa yang unik juga perlu dilaporkan kepada khalayak
manusiawi→informasi yang bisa menyentuh emosi khalayak agar bisa mengikatkan taraf kemanusiaan.
berpengaruh→ informasi mengenai peristiwa yang berpengaruh terhadap kehidupan.
 Peristiwa perlu diberitakan paling tidak berdasarkan dua alasan, yaitu untuk memenuhi tujuan politik keredaksian suatu media massa atau memenuhi kebutuhan pembaca tujuan media massa memberitakan suatu peristiwa bermacam macam. Dalam sebuah pemberitaan ada beberapa unsur untuk memilih berita untuk bisa ditampilkan, yaitu:
aktualitas→ persaingan membutuhkan kecepatan.
kedekatan→ peristiwa yang mengandung unsur kedekatan dengan pembaca, akan menarik perhatian.
keterkenalan→ dengan melihat sepintas lalu saja pada kolom- kolom berita kematian
dampak→mengukur luasnya damapak dari suatu peristiwa.
Human intersest, biasanya berubah-ubah sesuai perkembangan zaman.


·         Contoh berita 1
Akibat lilin, sebuah rumah hangus dilalap si jago merah
            Sebuah kejadian tak terduga terjadi di kompleks perumahan Griya Jaya di Bekasi kemarin malam jam 22.14 WIB. Rumah milik keluarga Pak Andi itu terbakar dan hangus tak tersisa. Peristiwa itu terjadi karena sang pemilik rumah yang menaruh lilin di atas lemari kayu miliknya.
            Untungnya saat kejadian sang pemilik rumah, Pak Andi sedang pergi tahlilan di rumah tetangganya, sedangkan istrinya sedang pulang kampung. Dalam musibah itu, Pak Andi mengalami kerugian kurang lebih sekitar delapan ratus juta termasuk beberapa dokumen penting seperti Akta Kelahiran, Ijazah, dan surat-surat tanah miliknya.

·         Contoh berita 2
Sungai Ciliwung Meluap, Dua Desa Terendam Banjir Setinggi 3 meter
            Terjadi banjir bandang di sekitar Sungai Ciliwung, banjir tersebut diduga karena hujan yang turun sangat deras dari jam 19.00 hingga pagi jam 09.00 WIB. Dua desa terendam dan banyak warga yang mengungsi di kampung sebelah. Sekitar 137 kepala keluarga kehilangan tempat tinggalnya karena banjir. Pemerintah segera memberikan bantuan berupa tempat pengungsian air bersih, makanan, minuman, obat-obatan dan pakaian.
            Sebelumnya juga pernah terjadi banjir di desa ini sekitar dua tahun yang lalu. Tetapi banjir tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun kemarin. Salah satu penyebabnya juga diduga karena kebiasaan masyarakat sekitar yang membuang sampah sembarangan di Sungai Ciliwung sehingga terjadi banjir ketika musim hujan datang.




Comments

Popular posts from this blog

MSDS Aquades, Etil Eter, Etanol, dan Aseton

MSDS 1-Propanol, 2-Propanol, kloroform, dan aseton

MSDS NaOH, H2C2O4, Indikator pp, dan Karbon Aktif